Header AD

Tips Menyembunyikan Poni & Menampilkan Persentase Baterai di Nokia 6.1 Plus


Nokia 6.1 Plus adalah ponsel Nokia Android pertama dari HMD/Nokia Mobile yang mempunyai poni atau "notch" di layar bagian atasnya. Kehadiran poni ini pada awalnya bisa disembunyikan dengan adanya pilihan untuk memilih apakah ingin menggunakan mode "Full bezel"/tanpa poni yang akan mengubah warna status bar menjadi hitam atau tidak.

Namun, sesuai dengan ketentuan dari Google, fitur ini dihilangkan dan langsung menuai pro dan kontra di para penggunanya. Tidak lama dari polemik pro dan kontra ini, HMD/Nokia Mobile melalui Chief Product Officer, Juho Sarvikas menyebutkan di Twitter bahwa fitur "Full bezel" ini akan kembali ada pada update sistem operasi berikutnya yakni pada Android Pie.

Tepat hari ini, 20 November 2018, akhirnya Android Pie sudah tersedia untuk pengguna Nokia 6.1 Plus di Indonesia. Hadirnya update sistem operasi Android Pie ini bukan hanya membawa fitur-fitur utamanya namun juga fitur "Full bezel" untuk menyembunyikan poni juga kembali hadir pada Nokia 6.1 Plus.

Pilihan apakah mau menggunakan mode "Full bezel" atau tidak ada di dalam menu "Developer options" yang harus terlebih dahulu dibuka/dimunculkan dengan cara:
  1. Masuk ke menu "Setting"
  2. Masuk ke menu "System"
  3. Sentuh/pilih "Advanced"
  4. Masuk ke menu "About phone"
  5. Scroll ke bawah dan temukan "Build number"
  6. Sentuh secara berulang sebanyak 7x pada tulisan "Build number" hingga ada notifikasi bahwa Developer options sudah terbuka
Setelah Developer options terbuka, kamu bisa menemukan menu Developer options ini di "Setting" > "System" > "Advanced" > "Developer options". Nah untuk menyembunyikan poni, kamu bisa menemui pilihan "Full bezel" di dalam "Developer options". Gampang kan?

Selanjutnya, sebelum Nokia 6.1 Plus menggunakan Android Pie, HMD/Nokia Mobile juga menghilangkan pilihan untuk menampilkan persentase baterai pada status bar. Pilihan ini ternyata kembali hadir setelah Nokia 6.1 Plus kami sudah menggunakan Android Pie. Pilihan untuk menampilkan persentase baterai ini dapat kamu temui di "Setting" > "Battery" > "Battery percentage".

Jadi setelah menggunakan Android Pie di Nokia 6.1 Plus, kamu lebih suka ada poninya atau tidak nih? 

Tips Menyembunyikan Poni & Menampilkan Persentase Baterai di Nokia 6.1 Plus Tips Menyembunyikan Poni & Menampilkan Persentase Baterai di Nokia 6.1 Plus Reviewed by Rizky Adriansyah on November 20, 2018 Rating: 5

1 komentar