Header AD

Nokia 5 & 6 Resmi Mendapatkan Android Oreo Versi Beta, Berikut Caranya


Kabar bahagia untuk kamu pengguna Nokia 5 & Nokia 6. Menepati janji yang sudah disampaikan pada artikel sebelumnya, kedua smartphone tersebut sudah mendapatkan akses untuk mencoba Android Oreo versi Beta. Ingin mencoba? Berikut caranya.

Pertama-tama, pastikan kamu sudah mengetahui jika ini masih dalam versi Beta. Jadi kemungkinan terjadi hal-hal seperti baterai lebih boros, lebih cepat panas, atau aplikasi yang tidak kompatibel bisa saja bermunculan. So, risiko ditanggung penumpang ya. Proses update tidak akan menghapus data, tapi akan lebih baik jika kamu telah mencadangkan semua data penting ke PC atau kartu memori. 

Cara Upgrade ke Android Oreo Beta

Jika sudah siap, langsung akses halaman Nokia Beta Labs di sini. Setelah itu, pilih "sign in to get started", dan kamu bisa melakukan proses login menggunakan akun Facebook, Google, atau membuat baru dari email. Setelah proses login selesai, masukkan kode IMEI dari Nokia 5/6 yang kamu miliki. Salah satu saja, bisa dilihat dengan melakukan panggilan ke *#06#, melihat di balik batre, atau pada bagian bawah boks. Untuk network operator, masukkan nama operator yang sedang kamu gunakan di smartphone Nokia yang ingin diperbarui. Setelah itu, lanjutkan proses registrasi. Jika data sesuai, maka akan muncul status "Validation ok" seperti berikut.


Setelah itu, pastikan kamu telah membaca keterangan yang muncul di bawahnya, memberi centang, dan klik "Request OTA". Sebagai tambahan info, unit Nokia 5 yang nokianesia gunakan telah kami daftarkan untuk mendapat Oreo Beta mulai tanggal 12 Desember kemarin, dan baru mendapatkan update secara OTA di malam hari ini, 19 Desember. Jadi jika kamu sudah apply dan belum juga mendapatkan update, ditunggu dulu selama beberapa hari ya. 


Untuk melakukan pengecekan, kamu bisa akses melalui menu Settings - About phone - Software update. Jika sudah tersedia, akan muncul update dengan ukuran kurang lebih 1,5GB dengan keterangan sebagai berikut.

Update Android Oreo Beta di Nokia 5
Proses update di Nokia 5 memakan waktu kurang lebih 10 menit saja, tentu lama tidaknya tergantung dari banyaknya data maupun aplikasi yang ada pada smartphone masing-masing.

Cara Downgrade ke Android Nougat (non-Beta)

Merasa terlalu banyak bug di Android Oreo Beta? Tenang, kamu bisa melakukan downgrade dengan mengakses halaman Nokia Beta Labs yang ada di atas. Sebelum melakukan proses downgrade, pastikan jika kamu telah menyampaikan alasan kenapa ingin melakukan hal tersebut lewat aplikasi "Feedback" di smartphone Nokiamu. Setelah itu, akses Nokia Beta Labs, lakukan proses login ulang, dan di sisi bawah halaman akan terdapat instruksi untuk melakukan roll-back atau downgrade. Beri tanda centang, lalu klik "Roll back via OTA". Sebagai catatan, proses downgrade akan menghilangkan semua data, jadi pastikan untuk di-backup terlebih dahulu ya.


Selain downgrade, kamu bisa pilih untuk "unregister from beta labs" jika kedepannya hanya ingin mendapatkan pembaruan versi resmi. Selamat mencoba!

Nokia 5 & 6 Resmi Mendapatkan Android Oreo Versi Beta, Berikut Caranya Nokia 5 & 6 Resmi Mendapatkan Android Oreo Versi Beta, Berikut Caranya Reviewed by Prasetyo Herfianto on Desember 19, 2017 Rating: 5

1 komentar

Post AD