Header AD

Review Nokia 3: Basic Smartphone Untuk Kebutuhan Sehari-hari


Selama kurang lebih 2 minggu ke belakang, nokianesia sudah mencoba dan menggunakan Nokia 3 sebagai smartphone utama kami untuk melakukan kegiatan sehari-hari di Jakarta. Sejak awal menggunakan Nokia 3, kami sangat suka dengan body Nokia 3 dan juga kejernihan layarnya. Bagaimana dengan fitur lainnya? Berikut adalah ulasannya.

Body & Layar
Yup, seperti yang sudah kami sebut di atas, kami sangat suka dengan body Nokia 3 ini. Kenapa? karena solid dan terasa pas untuk digenggam dan dibawa. Dipadu dengan designnya yang sederhana ditambah dengan penggunaan kombinasi antara bahan polikarbonat dan alumunium pada body Nokia 3 menjadikan Nokia 3 ini terlihat solid dan tidak murahan.

Body samping menggunakan Alumunium

Body samping menggunakan Polikarbonat

Fitur kedua yang kami sangat suka adalah layarnya. Nokia 3 menggunakan layar sebesar 5" dengan tipe IPS LCD Capacitive 16 juta warna dengan kerapatan 294 ppi (pixel per inch). Layarnya terlihat sangat jernih dan cerah. Dalam kondisi di bawah sinar matahari, Nokia 3 mampu untuk menyesuaikan tingkat kecerahannya dengan baik sehingga kita masih bisa melihat layar dengan baik. Untuk proteksinya, Nokia 3 sudah menggunakan Corning Gorilla Glass.

Layar Nokia 3, jernih & cerah

Pada bagian layar juga terdapat 3 tombol kapasitif (tombol back, home, dan recent app) yang cukup responsif. Namun sayangnya ketiga tombol ini tidak ada lampunya sehingga kalau menggunakan Nokia 3 di malam hari, kamu harus hafal letak-letak tombol tersebut secara tepat agar tidak salah sentuh.



Performa & Baterai
Dari sisi performa, Nokia 3 mengandalkan prosesor Quadcore 1.4Ghz buatan Mediatek dan kapasitas RAM sebesar 2GB. Nokia 3 yang kami pakai kami jejalkan dengan aplikasi sebanyak 102 aplikasi termasuk aplikasi bawaan dari Google dan aplikasi lokal. Dengan aplikasi sebanyak itu, rata-rata penggunaan RAM sebanyak 1.5GB dan menyisakan kurang lebih 350-400MB saja. Dengan sisa RAM sebesar 19%, Nokia 3 masih mampu menjalankan berbagai macam aplikasi dan multitasking dengan cukup baik.

102 Aplikasi dan pemakain RAM

Namun, ada kalanya Nokia 3 ini agak sedikit lama dalam membuka aplikasi tertentu, contohnya saja untuk membuka aplikasi media sosial seperti Facebook dan Path. Pada saat membuka kedua aplikasi tersebut akan terasa sedikit lama (sekitar 5-8 detik) sampai terbuka dengan sempurna. Kami juga sempat beberapa kali mengalami force close dan hang pada aplikasi Instagram saat memilih foto/video di fitur Instagram Stories. Untuk scrolling timeline Facebook dan Path juga terkadang sedikit ngelag, apalagi jika kontennya sedang dimuat, akan terasa sedikit berat untuk scrolling timeline.




Untuk berkirim pesan melalui aplikasi instant messaging dan email, tidak ada kendala selama 2 minggu kami memakai Nokia 3 ini. Semua berjalan dengan baik dan lancar.

Bagaimana dengan baterainya? Nokia 3 memakai baterai dengan kapasitas 2630 mAh. Baterai ini kami rasa cukup untuk dipakai sehari-hari dari pagi hingga sore. Dalam pemakaian wajar dan normal, contohnya menggunakan media sosial, browsing internet chatting mengirim dan menerima email, baterai Nokia 3 ini mampu bertahan hingga 14 jam. Kondisi ini ketika kami menggunakan 4G LTE. Jika kamu menggunakan Wi-Fi, maka daya tahan baterai Nokia 3 akan lebih lama hingga 15 jam. Dalam kondisi pemakaian sedang hingga tinggi, contohnya pemakaian kamera, navigasi, sering browsing internet makan baterai Nokia 3 ini mampu bertahan selama kurang lebih 8 hingga 10 jam.

Daya tahan baterai dengan pemakain normal dan menggunakan Wi-Fi

Tentunya daya tahan baterai ini akan bergantung kepada kualitas koneksi 4G/3G, intensitas penggunaan aplikasi yang banyak memakan daya baterai dan sebagainya. Hasil ini pasti akan berbeda-beda pada setiap pengguna.

Secara keseluruhan, performa Nokia 3 ini cukup baik. Kendala-kendala di atas menurut kami tidak terlalu menganggu asalkan pemakaian Nokia 3 ini memang ditujukan hanya untuk pemakain sehari-hari dengan skala pemakaian ringan hingga sedang.



Media Penyimpanan
Secara default, media penyimpanan internal Nokia 3 ini sebesar 16GB. Pada saat pemakaian pertama, Nokia 3 sudah memakan kurang lebih 5GB untuk sistem operasi dan 2GB untuk aplikasi-aplikasi pre-installed.

Untungnya, Nokia 3 menyediakan slot microSD dan terpisah dari slot kartu SIM (bukan hybrid). Slot microSD ini mampu menerima kartu memori eksternal hingga 256GB, cukup besar kan untuk menyimpan berbagai macam file dan aplikasi tertentu yang bisa diinstall ke microSD.

Navigasi & Konektivitas
Nokia 3 mampu untuk mengunci posisi lokasi dengan baik, cepat dan presisi. Aplikasi navigasi yang kami gunakan di Nokia 3 adalah "HERE WeGo" dan "Google Maps". Kedua aplikasi tersebut berjalan dengan baik.

Aplikasi "Here WeGo" di Nokia 3

Dari sisi konektivitas, Nokia 3 sudah mendukung Dual-SIM 4G LTE & VOLTE. Tersedia juga Wi-Fi dan Bluetooth 4.0. 1 yang paling penting adalah, dengan harga 1.8 jutaan, kamu juga sudah bisa memakai fitur NFC di Nokia 3. Ini menjadi penting karena bisa kita gunakan untuk mengisi, mengecek saldo dan melihat sejarah transaksi dari kartu uang elektronik. Tentu saja ini juga harus didukung oleh ketersediaan aplikasi dari bank-bank yang mengeluarkan kartu uang elektronik tersebut ya.

Cek saldo "BNI Tap Cash" menggunakan NFC & Aplikasi "BNI TapCash Go"

NFC & Bluetooth di Nokia 3



Kesimpulan
Dengan harga 1.8 jutaan, Nokia 3 bisa memberikan kamu layar yang bagus serta body yang berkelas. Smartphone ini cocok bagi kamu yang hanya membutuhkan fitur-fitur basic dengan tingkat pemakain rendah hingga sedang. Jika kamu termasuk heavy user, maka Nokia 3 kurang cocok menjadi smartphone utama kamu. Sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing dan tentunya sesuaikan dengan budget ya.

Note: Untuk hasil foto dari kamera Nokia 3 akan ada artikel terpisah, stay tuned.

Review Nokia 3: Basic Smartphone Untuk Kebutuhan Sehari-hari Review Nokia 3: Basic Smartphone Untuk Kebutuhan Sehari-hari Reviewed by Rizky Adriansyah on November 26, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD