Langsung ke konten utama

Selamat Tinggal, Windows Phone.


Per 11 Juli 2017 kemarin, Microsoft secara resmi telah menghentikan dukungan mereka terhadap sistem operasi yang sangat populer terutama di kalangan pengguna Lumia, yaitu Windows Phone 8.1. Jika kamu masih menggunakan Lumia Windows Phone 8.1, ada baiknya untuk siap-siap pindah ke ponsel dengan sistem operasi lainnya.



Kenapa? Karena penghentian ini tidak hanya pembaruan perangkat lunak. Dilansir dari MakeUseOf, yang dihentikan mencakup berhentinya pembaruan perangkat lunak, pembaruan keamanan, dukungan tteknis via online dan sebagainya. Fitur-fitur yang mungkin masih bekerja sekarang seperti login akun Microsoft dan Windows Phone Store, bisa saja berhenti sewaktu-waktu, seperti yang sudah terjadi pada ponsel Lumia Windows Phone 7.x.

Dalam kata lain, tidak ada layanan purnajual sama sekali. Bahkan untuk urusan servis yang menyangkut hardware, Unicom Care Indonesia (yang kini menjadi partner servis resmi menggantikan Nokia Care) tidak menerima ponsel Lumia lama. Kami sudah pernah mencoba untuk menyervis Lumia 610, Lumia 1020 dan juga Nokia X. Ketiganya ditolak dengan alasan sparepart yang sudah tidak tersedia. Dilansir AdDuplex, 80% ponsel Windows yang ada saat ini masih menggunakan Windows Phone 7.x dan 8.x.


Jika kamu termasuk bagian dari 20% pengguna ponsel Lumia yang mendukung ke Windows 10 Mobile, sangat disarankan untuk melakukan pembaruan, walaupun tidak ada jaminan Windows 10 Mobile juga akan bertahan lama. Hingga saat ini, masih tidak jelas bagaimana visi Microsoft terhadap sistem operasi bawaan Lumia 950 tersebut. Selama ini, Microsoft hanya merilis pembaruan yang kurang lebih disamakan dengan versi PC, seperti Anniversary Update dan Creators Update, bahkan dengan penambahan fitur yang lebih minim. Rumor mengatakan jika status pembaruan selanjutnya untuk Windows 10 Mobile telah diubah menjadi branch "feature2", yang jika diterjemahkan, tidak akan ada fitur baru -- Windows 10 Mobile hanya dipertahankan sampai dukungannya selesai pada bulan September 2018 mendatang.


Saat-saat seperti ini adalah saat yang tepat bagi HMD Global untuk merilis ponsel Android mereka. Ya, Nokia 3, 5 dan 6 memang sudah dirilis, namun akan lebih baik jika ponsel kelas flagship juga segera dirilis, supaya pengguna ponsel Lumia 930, Lumia 1520 maupun Lumia 950 dapat berpindah ke ponsel Android dengan kualitas hardware yang sama. Selagi menunggu dirilisnya Nokia 3, 5 dan 6 yang baru saja lulus TKDN di Indonesia, HMD dirumorkan akan memperkenalkan Nokia 8 pada akhir bulan ini. Kita nantikan saja ya.

Komentar

  1. suram juga yah pake windows phone :D
    mending Android aja deh, aman

    BalasHapus
  2. Baru aja mau benerin 520 yang unable to find blabla -,- .. setidaknya henfon yg pernah gua pegang terlama.. 3thn pake ni henfon.. bye livetile

    BalasHapus
  3. lantas, klu salah satu customer lumia misalnya pengguna 1020 yang ada masalah dgn sparepart, cara nemuin solusinya gmn ???

    BalasHapus
  4. Ohh Windows Phone.. Balik lagi deh ke Android..

    BalasHapus

Posting Komentar