Langsung ke konten utama

Nokia 3310 Reborn Masuk Uji Ditjen Postel - Siap Meluncur ke Indonesia?


Setelah perilisan oleh HMD Global pada acara Mobile World Congress 2017 Februari lalu, belum ada kabar lanjutan mengenai kapan ke-empat ponsel baru Nokia akan dirilis di Indonesia. HMD hanya menginformasikan jika penjualan akan dimulai pada kuartal kedua tahun ini.

Namun kini sudah mulai nampak titik terang, dengan Nokia 3310 Reborn mengawali perjalanan menuju Indonesia.

Informasi ini kami dapat dari akun Twitter @krispitech. Akun tersebut menemukan informasi bahwa Nokia 3310 Reborn dengan kode TA-1030 telah memasuki halaman web postel/Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) per 23 Maret 2017 dengan status draft.


Pada gambar tersebut, terlihat nama PT. Erajaya Swasembada Tbk. sebagai pihak yang mengajukan sertifikasi. Ini dapat berarti HMD Global memilih Erajaya sebagai rekanan agar ponsel Nokia dapat dijual di Indonesia. Krispitech menambahkan, nomor model yang tertera di atas sangat dekat dengan nomor seri milik Nokia 3. Namun sepertinya bukan Nokia 3, karena tertulis manufaktur "Vietnam". 

Seperti yang kita ketahui, agar ponsel Android 4G seperti Nokia 3 bisa masuk dan dijual di Indonesia, terdapat dua opsi; ponsel tersebut harus dirakit di Indonesia, atau HMD Global harus menginvestasikan sejumlah dana yang sangat besar. Opsi kedua sepertinya bukan pilihan yang tepat, mengingat HMD Global terhitung sebagai perusahaan kecil yang sangat baru.

Lewat sepotong informasi ini, paling tidak sudah ada kepastian jika Nokia 3310 Reborn akan masuk ke Indonesia secara resmi. Semoga ketiga ponsel Nokia lainnya, Nokia 3, Nokia 5 dan Nokia 6 bisa segera menyusul ya.