Langsung ke konten utama

Nokia 3 - Varian Android Termurah dengan Dua Kamera 8 Megapiksel


Dari ketiga ponsel Android Nokia yang diperkenalkan oleh HMD Global kemarin (26/2), Nokia 3 merupakan varian yang paling terjangkau. Walaupun begitu, HMD menjanjikan semua ponsel yang dirilis akan memiliki daya tahan yang kuat, panel layar yang berkualitas, serta sistem operasi Android yang bersih dan up-to date.

Sebagai varian termurah, Nokia 3 tetap menggunakan material aluminium seri 6000 yang digunakan oleh Nokia 6 dan Nokia 5. Perbedaannya adalah material tersebut digunakan untuk framenya saja, sedangkan back covernya terbuat dari bahan polikarbonat. Kombinasi aluminium dan polikarbonat dengan dimensi yang cukup tipis ini sedikit mengingatkan kami kepada Lumia 925, serta bentuk kamera yang mirip seperti pada Lumia 620.
Nokia 3 memiliki panel layar kaca 2.5D IPS berdimensi 5-inci dengan resolusi 720p, dilengkapi Gorilla Glass sebagai proteksi tambahan. Dengan teknologi laminated & polarized display, layar Nokia 3 akan terlihat jelas walaupun di bawah sinar matahari langsung, dan gap antara kaca dengan panel sentuh dapat diminimalkan. Untuk sektor dapur pacu, Nokia 3 menggunakan prosesor MediaTek MT6737 1.3Ghz quad-core 64-bit, dengan memori internal 16GB, RAM 2GB serta slot microSD hingga kapasitas 128GB. Nokia 3 memiliki kapasitas baterai sebesar 2.650 mAh, serta konektivitas 4G LTE Cat. 4.


Yang membuat Nokia 3 cukup spesial adalah kelengkapan sensor yang dimilikinya. Nokia 3 memiliki sensor-sensor yang umumnya ada pada semua ponsel Android, ditambah dengan NFC dan gyroscope untuk menikmati konten virtual reality. Kedua sensor ini cukup sering absen pada ponsel Android dengan range harga setara Nokia 3. Untuk kamera, Nokia 3 menggunakan sensor yang sama untuk kamera depan dan belakang; 8 Megapiksel autofokus dengan aperture f/2.0 dan flash (LED di kamera belakang, screen flash untuk kamera depan).


Walaupun menjadi varian termurah dengan harga jual kisaran 139 Euro atau sekitar 1,97 jutaan rupiah, Nokia 3 tetap dilengkapi dengan Android 7.0 Nougat yang bersih tanpa bloatware, sehingga performa dapat terjaga. Nokia 3 juga akan mendapatkan pembaruan keamanan bulanan dari Google, yang membuat ponsel ini semakin aman. Nokia 3 akan tersedia dalam empat varian warna (tempered blue, silver, matte black, copper) dan mulai dijual pada kuartal kedua 2017 ini. Kita nantikan kehadirannya di Indonesia ya.

Pos populer dari blog ini

Belanja Aplikasi di Nokia Ovi Store

Nokia Ovi Store adalah layanan toko/kios aplikasi dari Nokia. Nokia Ovi Store menyediakan berbagai macam konten (aplikasi,games,themes,wallpaper hingga ringtones) untuk di unduh secara gratis ataupun berbayar. 
Ada 2 cara/sistem untuk membeli aplikasi di Nokia Ovi Store yaitu dengan sistem memotong pulsa dan Credit Card.
Bagi pengguna Nokia di Indonesia, Pembelian aplikasi di Nokia Ovi Store sangat mudah dengan adanya sistem pemotongan pulsa. Setelah bekerja sama dengan Telkomsel, Nokia Indonesia beberapa minggu lalu melakukan kerja sama dengan Indosat dan XL Axiata untuk sistem pemotongan pulsa. Dengan adanya kerja sama dengan Telkomsel, Indosat dan XL Axiata, berarti seluruh pelanggan dari 3 Provider tersebut dapat melakukan pembelian konten di Nokia Ovi Store dengan sistem pemotongan pulsa.

Ubah Home Screen Nokia X Kamu dengan Aplikasi "Madina Launcher" dari @MadinaTech !!

Jika kamu pengguna Nokia X dan ingin mengubah tampilan home screen dan tampilan menu utama Nokia X kamu menjadi seperti Android di smartphone Samsung, kamu bisa dengan mudah melakukannya dengan aplikasi "Madina Launcher".

Tips & Trick: Flash (Install Ulang Software) Nokia X Dengan Nokia Care Suite

Ingin me-refresh Nokia X kembali seperti semula? Malas untuk unroot dan menghapus file sistem yang sudah di-edit sebelumnya? Atau sudah root, lalu update software dan lupa un-root hingga tidak bisa install dan format ulang? Kamu dapat menggunakan Nokia Care Suite, software untuk flashing Nokia X.