Subcribe to our RSS feeds Join Us on Facebook Follow us on Twitter

13 Jan 2017

Hasil Jepretan Kamera 16 Megapiksel Nokia 6 (dan Komparasi dengan OnePlus 3T)


Smartphone Nokia terdahulu terkenal dengan inovasi kameranya yang terdepan. Lewat branding "PureView", Nokia merilis berbagai macam teknologi kamera seperti oversampling dan menggunakan Optical Image Stabilization (OIS), hingga mengkombinasikan kedua teknologi tersebut di beberapa flagship Lumia seperti Lumia 1020 dan Lumia 930.

Lalu bagaimana dengan kamera di Nokia 6? Apakah dapat bersaing dengan flagship Android saat ini?

Perlu diketahui, Nokia 6 adalah smartphone Android kelah menengah. Dengan harga jual 1699 CNY atau sekitar 3,2 jutaan rupiah, wajar jika Nokia 6 tidak memiliki fitur kamera layaknya pada smartphone flagship, seperti OIS atau laser autofocus. Nokia 6 memiliki kamera utama beresolusi 16 Megapiksel, dengan phase-detection autofocus (PDAF), apertur f/2.0 dan ukuran piksel 1.0um.

Setelah resmi diperkenalkan di Tiongkok, beberapa media lokal di sana sudah melakukan tes kamera dari Nokia 6. Penasaran bagaimana hasil foto dari smartphone Android pertama Nokia ini? Berikut hasil fotonya.

(klik untuk memperbesar)

(klik untuk memperbesar)

(klik untuk memperbesar)

(klik untuk memperbesar)

















Selain empat foto teratas, tidak banyak yang bisa kita ketahui dari hasil foto Nokia 6, karena hasil foto sudah terkompres dengan resolusi 360p. Namun dapat disimpulkan dari kedua media yang telah mencoba kamera Nokia 6, jika Nokia 6 dapat menghasilkan foto yang cukup detil, dengan jumlah noise yang relatif minim, reproduksi warna yang akurat dan dynamic range yang baik. Untuk hasil foto kurang cahaya, noise tetap minim, namun hasil foto sedikit gelap. Sepertinya algoritma dari kamera Nokia 6 lebih memilih untuk menggunakan ISO yang rendah dalam semua kondisi (dapat dilihat pada exif empat foto teratas).

Salah satu media juga memberikan dua catatan mengenai kamera Nokia 6; kecepatan untuk ambil fokus kurang cepat walaupun sudah menggunakan PDAF, dan pilihan mode pada aplikasi kamera tidak sebanyak yang ada di Nokia Lumia.

Bagaimana jika kamera Nokia 6 diadu dengan salah satu flagship Android terbaik, OnePlus 3T? Langsung saja, cek video perbandingan kedua kameranya berikut ini.



Sebagai catatan, keduanya sama-sama memiliki kamera utama beresolusi 16 Megapiksel, dengan apertur f/2.0 dan PDAF. OnePlus 3T memiliki sedikit keunggulan pada dimensi sensor kamera yang lebih besar, serta adanya OIS dan EIS untuk video.

Walaupun begitu, dapat dilihat pada video jika Nokia 6 masih bisa bersaing dengan OnePlus 3T, bahkan dalam kondisi kurang cahaya atau low-light. Hasil video Nokia 6 juga cenderung stabil, meski tanpa adanya hardware stabilizer.

Bagaimana pendapatmu dengan hasil jepretan kamera Nokia 6? Apakah sudah memenuhi ekspektasi? Tulis pada kolom komentar di bawah ya.

Sumber: Vtechgraphy