Langsung ke konten utama

Nokia Resmi Mengumumkan Akan Kembali Ke Pasar Ponsel dan Tablet


Setelah dirilisnya Nokia N1 pada tahun 2014 lalu, tidak jelas apakah Nokia akan kembali merilis smartphone seperti dulu. Sempat ada beberapa rumor jika Nokia akan bekerja sama dengan Foxconn untuk memproduksi smartphone. 

Hari ini, Nokia resmi mengumumkan bahwa mereka akan kembali terjun ke dalam dunia smartphone dan tablet.

Yup, benar sekali. Kamu akan dapat menemukan smartphone dan tablet dengan merk Nokia di masa mendatang. Hal ini dapat terjadi berkat kerjasama oleh tiga pihak - Nokia Technologies, FIH dan HMD. Nokia Technologies adalah unit bisnis Nokia yang fokus di bidang teknologi, riset dan pengembangan. Namun tidak seperti dulu, Nokia tidak ikut campur tangan secara utuh dalam membuat ponsel dan tablet. Tetapi Nokia tetap akan bekerja sama dengan HMD, memastikan produknya sesuai dengan standar kualitas, desain, dan inovasi dari Nokia.

HMD Global Oy ("HMD") adalah sebuah perusahaan startup asal Helsinki, Finlandia. Perusahaan ini didirikan untuk memproduksi seluruh lini ponsel dan tablet Nokia kedepannya. Dengan berinvestasi lebih dari 500 juta dolar US, HMD telah menanda tangani kontrak kerja sama dengan Nokia Technologies, yang membuat HMD dapat menggunakan merk Nokia dan seluruh lisensi yang dibutuhkan. HMD berkeinginan untuk meningkatkan brand Nokia secara global, dengan membuat produk yang berkualitas dan memiliki desain menarik, seperti produk Nokia sebelum-sebelumnya.

(Kiri-Kanan): CEO HMD, Arto Nummela dan President, Florian Seiche

CEO HMD Global, Arto Nummela, merupakan ex-senior di Nokia, dan saat ini sedang menjabat sebagai kepala untuk Microsoft Mobile Device business untuk wilayah Asia, Timur Tengah dan Afrika, dan untuk Microsoft Feature Phone business secara global. Presiden HMD sendiri, Florian Seiche, juga sedang menjabat sebagai salah satu senior VP Microsoft, dan juga pernah bekerja dengan brand lain seperti Nokia dan HTC.

Sebagai cabang perusahaan milik Foxconn, FIH Mobile Ltd. akan membantu Nokia untuk memproduksi smartphone mereka di masa mendatang. Seperti yang kita tahu, Nokia N1 dapat diproduksi berkat kerja sama antara Nokia dan Foxconn, sehingga wajar saja jika Nokia/HMD kembali bekerja sama dengan cabang perusahaan tersebut.

Kedepannya, smartphone dan tablet yang dirilis akan menggunakan sistem operasi Android, yang menurut Nokia adalah sistem operasi dengan komunitas developer paling unggul saat ini. Sedangkan feature phone baru Nokia juga terus dirilis, hasil dari akuisisi oleh pihak Microsoft yang akan selesai pada enam bulan terakhir tahun 2016 ini.

Sudah tidak sabar? Walaupun berita ini sudah resmi, kamu masih harus bersabar lebih lama, karena ini baru langkah awal dari HMD dan Nokia. Semoga di akhir tahun ini, kamu sudah bisa menggengam ponsel Android terbaru dengan merk Nokia ya.

Sumber: Nokia, HMD Global


Pos populer dari blog ini

Belanja Aplikasi di Nokia Ovi Store

Nokia Ovi Store adalah layanan toko/kios aplikasi dari Nokia. Nokia Ovi Store menyediakan berbagai macam konten (aplikasi,games,themes,wallpaper hingga ringtones) untuk di unduh secara gratis ataupun berbayar. 
Ada 2 cara/sistem untuk membeli aplikasi di Nokia Ovi Store yaitu dengan sistem memotong pulsa dan Credit Card.
Bagi pengguna Nokia di Indonesia, Pembelian aplikasi di Nokia Ovi Store sangat mudah dengan adanya sistem pemotongan pulsa. Setelah bekerja sama dengan Telkomsel, Nokia Indonesia beberapa minggu lalu melakukan kerja sama dengan Indosat dan XL Axiata untuk sistem pemotongan pulsa. Dengan adanya kerja sama dengan Telkomsel, Indosat dan XL Axiata, berarti seluruh pelanggan dari 3 Provider tersebut dapat melakukan pembelian konten di Nokia Ovi Store dengan sistem pemotongan pulsa.

Ubah Home Screen Nokia X Kamu dengan Aplikasi "Madina Launcher" dari @MadinaTech !!

Jika kamu pengguna Nokia X dan ingin mengubah tampilan home screen dan tampilan menu utama Nokia X kamu menjadi seperti Android di smartphone Samsung, kamu bisa dengan mudah melakukannya dengan aplikasi "Madina Launcher".

Tips & Trick: Flash (Install Ulang Software) Nokia X Dengan Nokia Care Suite

Ingin me-refresh Nokia X kembali seperti semula? Malas untuk unroot dan menghapus file sistem yang sudah di-edit sebelumnya? Atau sudah root, lalu update software dan lupa un-root hingga tidak bisa install dan format ulang? Kamu dapat menggunakan Nokia Care Suite, software untuk flashing Nokia X.