Langsung ke konten utama

Microsoft Memutuskan Tidak Merilis Windows 10 Mobile Untuk Semua Lumia Windows Phone 8


Kabar mengecewakan bagi kamu pengguna Lumia Windows Phone 8 lawas seperti Lumia 520 dan Lumia 920. Yup, Microsoft akhirnya memutuskan untuk tidak menghadirkan update Windows 10 Mobile ke semua Lumia Windows Phone 8. Mengapa begitu? Berikut penjelasan dari pihak Microsoft.

Flashback sedikit ke awal tahun 2015, Chris Weber, Corporate VP of Sales, Microsoft Devices Group sudah menyatakan hal yang sama terkait update Windows 10 Mobile (yang dapat kamu baca di artikel berikut). Awalnya, Microsoft sempat memutuskan untuk tetap rilis Windows 10 Mobile di Lumia lawas dengan beberapa fitur yang dihilangkan. Kemudian, Microsoft merilis spesifikasi minimal hanya untuk Lumia dengan memori internal 8GB, yang membuat Lumia 530 tidak kompatibel untuk melakukan update.

Lalu kenapa akhirnya Microsoft memutuskan untuk merilis Windows 10 Mobile hanya untuk beberapa Lumia terbaru? Keputusan tersebut diambil dari user feedback yang didapat selama program Windows Insider berlangsung kurang lebih satu tahun terakhir ini, dan setelah melalui tahap analisa menyeluruh. Dengan Windows Insider, Microsoft dapat mengetahui apakah Windows 10 Mobile dapat berjalan mulus atau sebaliknya pada masing-masing Lumia Windows Phone 8.


Microsoft ingin hanya mendatangkan update Windows 10 Mobile pada Lumia yang dapat memberikan pengalaman terbaik untuk customer, daripada memaksakan untuk tersedia di Lumia tipe lama. Kami sendiri sempat mencoba menggunakan Windows 10 Mobile Insider Preview Build 10586 pada Lumia 630. RAM 512MB membuat proses multitasking cukup terhambat, bahkan Microsoft Edge tidak dapat berjalan secara mulus. Untuk Lumia seperti Lumia 820, 920, 925 dan 1020, walaupun memiliki RAM cukup, processor yang sudah cukup tua juga membuat experience Windows 10 Mobile kurang nyaman, seperti yang diungkapkan salah satu pengguna Lumia 925 di sini.

Jika kamu masih ingin memaksakan untuk menggunakan Windows 10 Mobile, kamu bisa menggunakan versi Insider Preview - hingga Build 10586. Nantinya, Build terbaru Windows 10 Mobile setelah 10586 akan hanya tersedia untuk Lumia tertentu seperti yang ada pada artikel sebelumnya (plus Lumia 550, 650, 950 & 950 XL).

Dengan begitu, mungkin memang sudah saatnya pengguna Lumia tipe lama melakukan upgrade ke seri Lumia yang lebih baru, seperti Lumia 540 dan Lumia 640. Apakah kamu merupakan salah satunya? Beri pendapatmu di bawah ya.



Pos populer dari blog ini

Belanja Aplikasi di Nokia Ovi Store

Nokia Ovi Store adalah layanan toko/kios aplikasi dari Nokia. Nokia Ovi Store menyediakan berbagai macam konten (aplikasi,games,themes,wallpaper hingga ringtones) untuk di unduh secara gratis ataupun berbayar. 
Ada 2 cara/sistem untuk membeli aplikasi di Nokia Ovi Store yaitu dengan sistem memotong pulsa dan Credit Card.
Bagi pengguna Nokia di Indonesia, Pembelian aplikasi di Nokia Ovi Store sangat mudah dengan adanya sistem pemotongan pulsa. Setelah bekerja sama dengan Telkomsel, Nokia Indonesia beberapa minggu lalu melakukan kerja sama dengan Indosat dan XL Axiata untuk sistem pemotongan pulsa. Dengan adanya kerja sama dengan Telkomsel, Indosat dan XL Axiata, berarti seluruh pelanggan dari 3 Provider tersebut dapat melakukan pembelian konten di Nokia Ovi Store dengan sistem pemotongan pulsa.

Ubah Home Screen Nokia X Kamu dengan Aplikasi "Madina Launcher" dari @MadinaTech !!

Jika kamu pengguna Nokia X dan ingin mengubah tampilan home screen dan tampilan menu utama Nokia X kamu menjadi seperti Android di smartphone Samsung, kamu bisa dengan mudah melakukannya dengan aplikasi "Madina Launcher".

Tips & Trick: Flash (Install Ulang Software) Nokia X Dengan Nokia Care Suite

Ingin me-refresh Nokia X kembali seperti semula? Malas untuk unroot dan menghapus file sistem yang sudah di-edit sebelumnya? Atau sudah root, lalu update software dan lupa un-root hingga tidak bisa install dan format ulang? Kamu dapat menggunakan Nokia Care Suite, software untuk flashing Nokia X.