Subcribe to our RSS feeds Join Us on Facebook Follow us on Twitter

13 Des 2015

Review @LumiaIndonesia 950 dengan Windows 10 Mobile



Lumia 950, smartphone flagship pertama yang menggunakan sistem operasi Windows 10 Mobile dari Microsoft Devices Indonesia sudah resmi diluncurkan dan dijual di Indonesia dengan berbagai penawaran menarik sepanjang masa pre-order dan penjualan awal.

Berbagai fitur baru dan menarik dari sisi perangkat keras dan lunak ditawarkan oleh Lumia 950 ini. Sebut aja sistem operasi baru, kamera yang lebih mumpuni dan banyak lainnya.

Nokianesia berkesempatan melakukan uji coba singkat Lumia 950 beberapa waktu lalu pada acara sesi khusus pengenalan Lumia 950 di Jakarta Selatan. Nah, jika kamu tertarik ingin membeli Lumia 950 ini, tidak ada salahnya kamu membaca ulasan singkat Lumia 950 pada artikel ini ya.

Tampilan & Desain
Lumia 950 mempunyai layar sebesar 5.2" dengan kerapatan layar hingga 564 ppi, didukung dengan teknologi AMOLED, ClearBlack display dan Corning Gorilla Glass 3. Pada saat mencoba Lumia 950 dengan berbagai teknologi di atas, Lumia 950 mampu menampilkan tampilan yang jernih, terang dan berwarna. Kamu juga bisa mengatur profil warna sesuai dengan yang kamu suka. Kamu dapat mengatur warna, suhu warna dan saturasi.



Untuk bagian desain, Lumia 950 lebih panjang 2 mm dan lebih lebar 2,2 mm dari kakaknya, Lumia 930. Namun Lumia 950 lebih tipis dan ringan dari Lumia 930. Tidak seperti Lumia 930, Lumia 950 tidak unibodi alias bagian cover penutup belakang bodi dapat dilepas dan diganti. Keuntungannya adalah kamu dapat dengan mudah mengganti batre jika mengalami kendala atau kerusakan. Kamu juga dengan mudah mengganti bagian cover penutup belakang bodi dengan yang lain sesuai dengan keinginan kamu (aksesoris dijual terpisah). Namun, karena desainnya tidak unibodi, keseluruhan bodi Lumia 950 ini terkesan sedikit tidak berkelas, tidak menampilkan sisi mewah dan elegan jika melihat harganya yang mencapai IDR 8.999.000. Jauh berbeda dengan Lumia 930 yang mempunyai desain unibodi, tampak elegan dengan bingkai alumunium solid.


Performa
Lumia 950 sudah menggunakan sistem operasi terbaru, Windows 10 Mobile. Lumia 950 yang kami coba pada saat itu menggunakan versi yang sama dengan versi Windows 10 Mobile untuk insider. Lumia 950 mempuyai RAM sebesar 3 GB, menggunakan prosesor 6 inti Qualcomm Snapdragon 808 1,800 MHz serta memori penyimpanan massal sebesar 32 GB yang bisa ditingkatkan menjadi 200 GB dengan memakai kartu memori tambahan (MicroSD).

Melihat pemakaian hardware yang terbilang mewah, kami pun mencoba membandingkan dengan Lumia 930 yang hanya mempunyai RAM 2 GB dan prosesor 4 inti 2200 Mhz. Kami membandingkan kecepatan saat kedua Lumia tersebut dinyalakan dari mati hingga masuk ke menu utama. Hasilnya, Lumia 950 lebih cepat melakukan proses awal hingga masuk ke menu utama dibandingkan dengan Lumia 930. Namun, hasil ini tidak terlalu "wah" karena perbedaannya hanya lebih cepat sekitar 3-5 detik saja, padahal Lumia 930 kami sudah banyak aplikasi yang terpasang.


Kami juga mencoba bagaimana kecepatan saat membuka suatu aplikasi (contoh: Windows Camera, Groove Music, Outlook Mail & Calender, Candy Crush Saga) tanpa ada aplikasi lainnya yang berjalan di background. Hasilnya pun juga tidak jauh beda, hanya berbeda 2-3 detik lebih cepat Lumia 950 dibandingkan Lumia 930. Seharusnya, dengan hardware yang lebih mumpuni, Lumia 950 bisa melakukan berbagai tugas jauh lebih cepat dibanding dengan Lumia 930. Namun, selama kecepatan ini tidak menjadi masalah, kamu bisa mengesampingkan hasil uji coba di atas.

Untuk mendukung semua fitur di dalam Lumia 950, Lumia 950 dibekali dengan batre berkapasitas 3000 mAh dan sudah mendukung Qi wireless charging. Untuk urusan pengisian batre, Lumia 950 dapat mengisi batre hingga 50% dalam waktu 30 menit. Ini dapat dilakukan karena Lumia 950 sudah menggunakan teknologi USB-C, yang memiliki kecepatan transfer data dua kali lebih cepat dari USB 3.0 dan charge lebih cepat.


Konektivitas
Lumia 950 sudah bisa menangkap sinyal 4G LTE dari seluruh operator GSM di Indonesia. Kartu SIM yang digunakan berjenis nano SIM. Lumia 950 juga mempunyai konektivitas lainnya seperti Bluetooth 4.1, USB-C, NFC, WiFi, A-GLONASS, A-GPS dan Miracast untuk menghubungkan layar Lumia 950 ke perangkat seperti TV yang mendukung Miracast.



Kamera
Smartphone flagship dari Microsoft pastinya akan selalu mengedepankan fitur kamera, tidak terkecuali Lumia 950 ini. Lumia 950 mempunyai kamera utama 20 Megapiksel dengan Zeiss optics, yang terdiri dari 6 lensa di dalamnya. Lumia 950 juga menggunakan teknologi stabilisasi gambar (Optical Image Stabilization), PureView ukuran sensor 1/2.4 inci dan apertur kamera sebesar f/1,9, plus image processing baru yang dapat menghasilkan gambar natural. Jagoan dari Lumia 950 di sisi kamera adalah Lumia 950 menggunakan triple LED natural flash yang akan membantu kamu mengambil gambar yang natural dan akurat di berbagai lingkungan dengan tingkat pencahayaan yang berbeda-beda.


Dengan kamera utama, kamu sudah bisa merekam video dengan kualitas 4K. Kamu juga sudah bisa merekam video slow motion dengan menggunakan aplikasi Windows Camera. (Rekam Video "Slow Motion" di Lumia 930 & 1520),

Saat mencoba mengambil gambar dari Lumia 950, kami menggunakan aplikasi Windows Camera. Performa dalam mengambil gambar baik dalam mencari fokus hingga pengambilan gambar dirasakan sangat baik dan cepat. Hasil gambar yang kami peroleh dengan pencahayaan dalam ruangan terbilang natural, terasa pas pencahayaanya dan komposisi warnanya. Benar-benar seperti apa yang dilihat oleh mata kami.

Ini sesuai dengan pernyataan dari Juha Alakarhu, Director, Imaging Technology Development untuk Microsoft, bahwa kamera Lumia 950 memang dibuat untuk menghasilkan gambar senatural mungkin, dan mirip dengan aslinya. Kamu bisa lihat informasi lebih lanjutnya di sini.



Sayangnya kami belum bisa menampilkan hasil foto tersebut, karena beberapa kendala saat memindahkan foto dari Lumia 950 ke Lumia 930 kami. Pastinya kami akan mengulas lebih lanjut mengenai hasil foto dari Lumia 950 ini kedepannya.

Continuum
Continuum, inilah salah satu fitur yang paling dibanggakan di Lumia 950. Ini adalah fitur dimana kamu bisa merasakan memakai PC hanya dengan menggunakan Lumia 950 kamu. Yup, dengan fitur ini, kamu hanya cukup menyambungkan Lumia 950 dengan Microsft Display Dock dan sambungkan ke TV/monitor. Dengan ini, Lumia 950 kamu akan mendapatkan tampilan layaknya di laptop pada layar TV tersebut. Kamu juga bisa bekerja selayaknmya kamu mempunyai PC/Laptop Windows 10.

Semua bisa dilakukan dengan mudah, kamu bisa menghubungkan juga dengan keyboard dan mouse agar kamu bisa bekerja dengan maksimal. Kamu bisa membuka email, membuat dokumen word, excel, presentasi dengan mudah.


Syaratnya untuk menjalankan aplikasi layaknya di PC/Laptop adalah aplikasi tersebut sudah mendukung "Universal Apps". Jika belum, maka aplikasi tersebut tidak bisa dibuka di layar TV jika kamu sedang menggunakan fitur Continuum ini.

Oiya, untuk performanya, pada saat uji coba dilakukan, seluruh proses berjalan dengan baik, performa juga baik, cepat dan tidak ada kendala yang berarti.

Windows Hello
Ini dia salah satu fitur terbaru dari Windows 10. Dengan Windows Hello kamu dapat membuka Lumia 950 kamu dari posisi layar tekunci hingga terbuka hanya dengan menatap ke kamera depan Lumia 950 kamu. Yup, Lumia 950 kamu bakal mengenali wajah dan mata kamu dengan bantuan kamera infra-merah secara otomatis.

Pada pilihan pengaturan sign-in di dalam pengaturan akun, kamu cukup memilih Windows Hello dan lakukanlah deteksi wajah dan mata kamu untuk pengaturan awal. Setelah itu, Windows Hello siap digunakan untuk mendeteksi wajah dan mata kamu jika kamu ingin membuka kunci layar kamu.

Fitur Windows Hello ini masih dalam tahap beta, namun saat dicoba, sudah mampu mengenali wajah dan mata dengan cepat walaupun terkadang masih harus mencoba ulang untuk validasinya. Semoga saja nantinya akan lebih baik performanya setelah melewati tahap beta.

So, bagaimana pendapat kamu tentang Lumia 950 dengan Windows 10 Mobile? Sudah seuai dengan ekspektasi kamu? Semoga kamu bisa sedikit mendapatkan "pencerahan" dari artikel ini mengenai Lumia 950 sebelum kamu membelinya. Cheers !!

Baca Juga