Header AD

Detil Spesifikasi Kamera Lumia 950 & Lumia 950 XL


Perangkat flagship Lumia selalu dikenal dengan hasil kameranya yang sangat baik, dalam kondisi low-light maupun pencahayaan lainnya. Untuk Lumia 950 & Lumia 950 XL, masing-masing memiliki spesifikasi kamera yang sama baik hardware dan software. Keduanya memiliki kamera 20 Megapiksel PureView dengan lensa ZEISS, triple-LED flash, dan dapat merekam video beresolusi 4K.

Lalu bagaimana dengan detil spesifikasi kamera lainnya? Berikut adalah hasil temuan kami.

Sebelumnya, ada dua hal yang sedikit kami sayangkan dari Microsoft saat merilis kedua seri Lumia 950. Pertama, pada saat acara, tidak dijelaskan secara detil bagaimana kemampuan kamera Lumia 950, seperti event yang lalu-lalu (ingat bagaimana Jo Harlow sampai harus slam dunk untuk menunjukkan kemampuan smart shoot pada Lumia 925?). Memang, mungkin tidak dijelaskan mengingat durasi dan adanya kejutan (Surface Book) yang disimpan oleh Microsoft dan harus dijelaskan di akhir acara.

Kedua, Microsoft tidak segera merilis artikel khusus yang membahas hal ini. Untuk produk yang lalu-lalu, setelah sebuah Lumia flagship diperkenalkan, halaman web Nokia Conversations dengan cepat merilis satu atau dua artikel yang membahas produk tersebut, beserta artikel khusus untuk membahas fitur kunci yang dimiliki. Bahkan, hingga saat ini, belum tersedia satupun video Lumia 550 pada kanal YouTube resmi Microsoft Lumia.

Untungnya, rasa penasaran kami dengan kamera baru di Lumia 950 membuahkan hasil. Kami terus memantau timeline milik David Fredh, Lead Program Manager untuk fotografi, dan Juha Alakarhu, salah satu pembuat kamera Nokia seperti N8, 808 PureView, Lumia 1020 dan juga Lumia 950.


Berikut adalah detil spesifikasi kamera dari Lumia 950 & Lumia 950 XL, hasil gabungan dari beberapa sumber:
  • 20 Megapixel BSI camera: dengan ukuran sensor 1/2.46" @ 1.12-micron pixel, 26mm, 6-lens, ZEISS optics, f/1.9.
  • Optical Image Stabilization (OIS) generasi ke-5: untuk menghasilkan gambar dan video yang lebih stabil.
  • ISO hingga 12800
  • RGB flash: tiga lampu kilat dengan warna yang berbeda di tiap lampu, dapat menghasilkan kombinasi warna yang tepat untuk hasil foto yang natural.
  • Phase-Detection (PD) autofocus: hanya disebut sebagai "Fast focus" di halaman spesifikasi resmi, namun Juha mengkonfirmasi jika Lumia 950 juga dilengkapi dengan PD pixels.
  • 3rd-gen Living Images: Living Images di Lumia 950 akan menyesuaikan gerakan objek. Jika objek tidak bergerak, maka Lumia secara otomatis tidak mengambil living images untuk foto tersebut. Selain itu, Living Images akan jadi satu/built-in dalam sebuah file gambar (.jpeg), dan dapat dilihat lewat semua perangkat Windows 10. Living Images terbaru ini juga akan tersedia untuk Lumia lainnya yang mendukung, seperti Lumia 930 & Lumia 1520.
  • Dynamic Exposure (Rich Capture) generasi baru: Dynamic Exposure di Lumia 950 akan secara otomatis mengambil dua foto dengan shutter speed lambat dan cepat (dual-exposure), kemudian menggabungkannya menjadi satu foto. Bagian objek bergerak akan menggunakan foto dengan shutter speed cepat, sedangkan objek yang tidak bergerak menggunakan shutter speed lambat untuk meminimalisir noise.  Cocok untuk mengambil foto dengan objek bergerak seperti foto anak (cek menit ke-4 pada video di bawah).
  • Natural image processing baru: algoritma kamera baru yang kali ini dibuat senatural mungkin. Lumia 950 dapat menghasilkan foto yang tajam dan berwarna, namun tetap sesuai dengan kondisi pencahayaan asli dan warna kulit yang sesuai. Cukup menarik, karena hasil foto pada Lumia 1020 dibuat sedikit lebih berwarna daripada aslinya, dan seperti kembali ke karakteristik kamera 808 PureView yang lebih natural.
  • Opsi rekam video 4K 30fps dan 1080p 60fps
  • Empat mikrofon dengan dukungan Lumia Rich Recording

Untuk lebih detil mengenai kamera Lumia 950 & Lumia 950 XL, tonton video dari Windows Central berikut:



Pada video di atas, terlihat hasil foto Lumia 950 memiliki warna yang akurat dan ketajaman yang pas, dengan noise wajar dan natural. Kecepatan membuka kamera dan jeda ambil foto juga sangat cepat, berkat processor Snapdragon terbaru yang jauh lebih powerful daripada Lumia generasi sebelumnya. Di video tersebut juga dibandingkan hasil foto Lumia 950 dengan Samsung Galaxy S6, dan perbedaannya cukup jauh. Nantinya, Microsoft akan merilis hasil foto resmi dari Lumia 950. Jadi untuk saat ini, kita tunggu saja ya.

Bagaimana pendapatmu mengenai kamera Lumia 950 & Lumia 950 XL ini? Apakah sesuai dengan ekspektasimu, atau layak dianggap sebagai penerus dari kamera Lumia 1020? Beri pendapatmu di bawah ya.

Sumber: dfredh (Twitter), jalakarhu (Twitter)
Sumber video:  Windows Central


Detil Spesifikasi Kamera Lumia 950 & Lumia 950 XL Detil Spesifikasi Kamera Lumia 950 & Lumia 950 XL Reviewed by Prasetyo Herfianto on Oktober 09, 2015 Rating: 5

Post AD