Header AD

Microsoft Rilis Windows 10 Mobile Insider Preview Build 10536 Melalui Fast Ring


Hari ini (15/9), Microsoft kembali merilis update build terbaru untuk sistem operasi Windows 10 Mobile yang masih berupa Insider Preview. Kali ini, update yang dirilis adalah Build 10536. Sebetulnya, Build ini sudah akan dirilis minggu kemarin. Namun, karena ada bug yang muncul pada saat-saat terakhir, Gabe Aul dari Windows Insider mengumumkan untuk membatalkannya dan merilis hari ini. Apa saja yang baru?

Sebelum kita bahas fitur-fitur baru dan bugs yang masih ada pada Build ini, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu sebelum update. Jika kamu sedang menggunakan Windows Phone 8.1, maka proses update hanya cukup sekali, langsung ke Build 10536.1004.

Bagi kamu yang masih menggunakan Lumia dengan software Windows 10 Mobile Build 10512, kamu akan mendapatkan dua update sebelum Build 10536 terbaru ini (10536.1004). Dari Build 10512, kamu akan update ke Build 10514 terlebih dahulu, lalu ke 10536.1000. Walaupun sama-sama  Build 10536, update lagi sampai kamu mendapatkan Build 10536.1004 ya.

Berikut peningkatan-peningkatan yang ada pada Build 10536:
  • Aplikasi "Insider Hub" kembali tersedia.
  • Fitur Mobile hotspot & Quiet Hours (Do Not Disturb) kembali berfungsi.
  • Input suara telah diperbarui, kini mendukung pengenalan suara dalam bahasa Jepang dan English (India).
  • Fitur otentifikasi baik melalui pesan teks dan password sudah kembali normal.
  • Start screen sudah kembali normal (yang sebelumnya memiliki bug tersangkut di dengan status "Loading ..."). 
  • Jeda untuk menampilkan waktu dan tanggal pada layar kunci sudah ditingkatkan.
  • Zoom dengan dua jari pada aplikasi Maps sudah kembali berfungsi normal.
  • Update aplikasi Photos: Menampilkan foto dari tiap folder yang ada di memori internal, SD card dan OneDrive. Update ini juga meningkatkan kecepatan saat melihat foto dan menampilkan menu di dalamnya. 
  • One-handed mode: Atas permintaan Insiders, fitur one-handed mode ini tersedia untuk semua Lumia, tidak hanya yang berlayar besar seperti Lumia 1520 dan Lumia 640 XL. Dengan begitu, kamu dapat menyentuh menu di bagian atas layar dengan mudah, hanya dengan menahan tombol Start. Untuk mengembalikan posisi layar, cukup sentuh bagian layar yang berwarna hitam, atau tahan kembali tombol Start.

L-R: Aplikasi Photos Baru dan fitur One-handed Mode

Berikut adalah beberapa isu yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan untuk mencoba Build ini:
  • Setelah reboot Lumia kamu, notifikasi apapun tidak akan terlihat sampai kamu membuka kunci Lumia terlebih dahulu.
  • Akan ada menu "zStorage" di Settings - System. Membuka menu ini akan membuat aplikasi Settings crash.
  • Fitur "Camera upload to OneDrive" mungkin tidak aktif secara otomatis. Pastikan aplikasi OneDrive di Lumia kamu sudah up-to-date (versi 17.2) sebelumnya, lalu cek fitur tersebut sudah aktif/belum melalui aplikasinya.
  • Untuk saat ini, bagi Insiders yang tidak bisa berpindah dari Slow Ring ke Fast Ring, harus downgrade Lumia terlebih dahulu menggunakan Windows Phone Recovery Tool.
  • Bug Spesifik Untuk Lumia 1020: Fitur khusus yang dimiliki seperti mengambil foto dengan resolusi 41 Megapiksel dan file DNG hanya dapat diakses menggunakan aplikasi Lumia Camera. Aplikasi ini dapat digunakan pada Windows 10 Mobile, namun tidak tersedia pada Store (di Windows 10) sampai beberapa minggu kedepan. Caranya adalah dengan menginstall aplikasi Lumia Camera terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk update ke Windows 10 Mobile Insider Preview ini, atau menunggu sampai Lumia Camera untuk Lumia 1020 tersedia di Windows Store. Bug ini spesifik pada Lumia 1020 saja.

Pastikan untuk meng-update semua aplikasi saat sedang menggunakan Windows 10 Mobile Build 10536 ini ya. Dan jangan lupa, sebagai Windows Insider yang baik, pastikan kamu memberikan feedback untuk pengembangan Windows 10 Mobile yang lebih baik. :)

Sumber: Windows Blog


Microsoft Rilis Windows 10 Mobile Insider Preview Build 10536 Melalui Fast Ring Microsoft Rilis Windows 10 Mobile Insider Preview Build 10536 Melalui Fast Ring Reviewed by Prasetyo Herfianto on September 15, 2015 Rating: 5

Post AD