Header AD

Microsoft Rilis Windows 10 Mobile Insider Preview Build 10166


Setelah merilis Build 10166 untuk desktop pada tanggal 2 Juli lalu, Microsoft akhirnya merilis Windows 10 Mobile Insider Preview dengan serial build yang sama hari ini (11/7). Tidak banyak yang berubah pada update kali ini. Sama halnya seperti pada versi desktop, Microsoft fokus untuk memperbaiki bug dan user experience agar Windows 10 segera siap untuk dirilis.

Gabe Aul, chief untuk Windows 10 Insider Preview Program, mengatakan pada update kali ini banyak sekali perubahan-perubahan kecil dan tweaks yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas utama Windows 10 Mobile. Beberapa isu utama telah diselesaikan, dan Store yang sebelumnya memiliki status "Beta", tidak lagi di Build 10166.

Berikut bug atau isu yang sudah diperbaiki:
  • Bug saat post-upgrade yang menyebabkan Lumia tersangkut di Lock screen selama kurang lebih 10 menit.
  • Bug pada saat menginputkan PIN yang disebabkan oleh isu TPM.
  • Bug aksen warna yang berbeda di bar atas dan bawah saat membuka aplikasi tertentu seperti Outlook Mail.
  • Peningkatan pada kemampuan download dan update aplikasi lewat Store (kini hanya ada satu Store, tanpa Store lama dan sudah tidak berstatus "Beta").
  • Ukuran ikon baterai yang lebih normal/lebih besar.





Kami sudah mencoba untuk install Windows 10 Insider Preview Build 10166 ini pada Lumia 930. Dan berikut testimoni kami selama beberapa jam penggunaan:
  • Performa secara keseluruhan meningkat. Live tiles lebih konsisten, dengan tile Microsoft Edge dan Store baru yang sudah transparan.
  • Animasi tile People Hub dapat berjalan langsung tanpa perlu reset (seperti di Build 10149). Namun beberapa pengguna Lumia lain melaporkan masih harus melakukan reset.
  • Pada Build 10149, Lumia jauh lebih cepat panas, terutama saat sedang download aplikasi atau akses internet. Di Build 10166, panas sudah berkurang secara signifikan, yang bisa berpengaruh ke daya tahan baterai yang lebih awet.
  • Proses load thumbnail gambar pada aplikasi Photos jauh lebih cepat. Build ini mendukung lebih banyak aplikasi editing foto, seperti Afterlight. Pengalaman untuk share foto ke aplikasi tertentu masih belum sebaik di Windows Phone 8.1.
  • Browser Microsoft Edge lebih cepat memproses halaman web.
  • Aplikasi Music (atau Xbox Music) kini menggunakan nama baru, Groove Music. Selebihnya, masih sama seperti pada Build sebelumnya.
  • Store baru sudah lebih stabil dan responsif daripada Build sebelumnya, namun proses install aplikasi masih tetap lebih lama daripada Store lama.


Jadi, apakah Windows 10 Insider Preview Build 10166 ini sudah layak untuk dicoba atau digunakan sehari-hari? Jawabannya tergantung dari pemakaian masing-masing. Gabungkan saja testimoni review kami pada Build 10149, dan testimoni di atas. Sudah banyak sekali perbaikan, tetapi masih ada beberapa bagian yang belum cukup matang seperti pada aplikasi Store, Photos, Microsoft Edge, rasa panas saat pemakaian dan baterai yang masih lebih boros walaupun tidak terlalu signifikan.

Ingin mencoba? Cek cara install Windows 10 Mobile Insider Preview di sini. Coba dan sampaikan testimonimu lewat komentar di bawah atau mention kami di @nokianesia.


Microsoft Rilis Windows 10 Mobile Insider Preview Build 10166 Microsoft Rilis Windows 10 Mobile Insider Preview Build 10166 Reviewed by Prasetyo Herfianto on Juli 11, 2015 Rating: 5

Post AD