Langsung ke konten utama

Windows 10 Mobile Insider Preview Build 10149 Telah Dirilis - Dengan Banyak Perbaikan Dari Versi Sebelumnya


Kemarin (25/6), Microsoft merilis update terbaru Windows 10 Mobile untuk para anggota Windows Insiders, yaitu Build 10149. Build ini adalah build terbaru dari versi sebelumnya, 10136. Tidak terlalu banyak fitur baru pada build ini, namun telah ada banyak perbaikan di balik layar, yang membuat lebih nyaman digunakan.

Oh ya, berbeda dengan build sebelumnya, build 10149 merupakan update yang bisa diakses untuk pengguna Lumia dengan build 10136 maupun 10080, tidak perlu downgrade terlebih dahulu ke Windows Phone 8.1. 

Apa saja perbedaan di Windows 10 Mobile Insider Preview build 10149 ini? Berikut daftar pembaruannya:
  • Microsoft Edge: Dengan build ini, resmi sudah Microsoft menggunakan penamaan "Microsoft Edge" pada browser bawaan Windows 10 Mobile. Selain itu, adress bar/URL bar kini dipindah ke bagian bawah, dan opsi untuk memilih tampilan mobile atau desktop juga sudah kembali tersedia, mengikuti feedback dari Windows Insiders.
  • Peningkatan dan Penyempurnaan UX: Pada build ini, kamu akan menemukan banyak peningkatan dan penyempurnaan tampilan. Microsoft telah membetulkan isu pada live tiles yang terlihat blur untuk beberapa aplikasi di build sebelumnya. Beberapa visual ikon juga telah diperbarui (seperti ikon kontrol volume) agar lebih modern dan sesuai. Secara umum, menggunakan build ini akan terasa lebih responsif.
  • Peningkatan Pada Cortana: Pengaturan Notebook di Cortana kini lebih lengkap dan memasuki tahap final. Fitur "Quiet Hours" juga dapat diakses melalui Cortana. Selain itu, pada build ini kamu dapat mencoba mengirim email lewat Cortana! Cukup sebutkan siapa yang ingin kamu kirim email (bisa lebih dari satu kontak), dilanjutkan dengan subyek, dan isi email. Fitur ini baru tersedia untuk regional US, dan tentunya membutuhkan koneksi internet ya.
  • Flashlight di Quick Action: opsi untuk menyalakan lampu kilat langsung dari quick action kini tersedia.
  • Aplikasi Photos Baru: Dengan peningkatan performa secara keseluruhan, dan dukungan gambar gerak/GIF (khusus untuk Lumia dengan RAM 1GB atau lebih).
  • Upload Foto Otomatis Lewat OneDrive: Opsi untuk mengupload hasil foto secara otomatis, berubah melalui aplikasi OneDrive. Buka aplikasi OneDrive dan tentukan jika ingin upload otomatis atau tidak.
  • Update Aplikasi Lainnya: Pastikan kamu langsung akses Store Beta dan update semua aplikasi di Lumiamu. Karena akan ada update terpisah untuk aplikasi bawaan seperti Outlook Mail, Calendar, Music dan sejenisnya.
  • Beberapa Perbaikan Isu:
    • Isu fitur Call + SMS Filtering yang tidak berjalan
    • Isu teks yang hilang untuk notifikasi pesan masuk
    • Isu aplikasi Podcast yang tidak berfungsi
    • Isu saat install/update aplikasi lewat Store Beta
    • Isu tombol navigasi yang tidak dapat dihilangkan 
Jika dilihat dari daftar changelognya, build ini lebih banyak mendatangkan perbaikan daripada fitur-fitur baru. Ya, selama ini Windows 10 Mobile Insider Preview memiliki bug yang cukup banyak - penulis sendiri tidak pernah menginstall lebih dari 24 jam untuk setiap build sebelumnya. Namun sepertinya build 10149 ini sudah mulai dapat dilirik bagi kamu yang ingin mencoba untuk penggunaan sehari-hari.
Sebelum mencoba, pastikan kamu membaca daftar isu-isu yang masih ada ya.
Sumber: Windows Blog

    Pos populer dari blog ini

    Belanja Aplikasi di Nokia Ovi Store

    Nokia Ovi Store adalah layanan toko/kios aplikasi dari Nokia. Nokia Ovi Store menyediakan berbagai macam konten (aplikasi,games,themes,wallpaper hingga ringtones) untuk di unduh secara gratis ataupun berbayar. 
    Ada 2 cara/sistem untuk membeli aplikasi di Nokia Ovi Store yaitu dengan sistem memotong pulsa dan Credit Card.
    Bagi pengguna Nokia di Indonesia, Pembelian aplikasi di Nokia Ovi Store sangat mudah dengan adanya sistem pemotongan pulsa. Setelah bekerja sama dengan Telkomsel, Nokia Indonesia beberapa minggu lalu melakukan kerja sama dengan Indosat dan XL Axiata untuk sistem pemotongan pulsa. Dengan adanya kerja sama dengan Telkomsel, Indosat dan XL Axiata, berarti seluruh pelanggan dari 3 Provider tersebut dapat melakukan pembelian konten di Nokia Ovi Store dengan sistem pemotongan pulsa.

    Ubah Home Screen Nokia X Kamu dengan Aplikasi "Madina Launcher" dari @MadinaTech !!

    Jika kamu pengguna Nokia X dan ingin mengubah tampilan home screen dan tampilan menu utama Nokia X kamu menjadi seperti Android di smartphone Samsung, kamu bisa dengan mudah melakukannya dengan aplikasi "Madina Launcher".

    Tips & Trick: Flash (Install Ulang Software) Nokia X Dengan Nokia Care Suite

    Ingin me-refresh Nokia X kembali seperti semula? Malas untuk unroot dan menghapus file sistem yang sudah di-edit sebelumnya? Atau sudah root, lalu update software dan lupa un-root hingga tidak bisa install dan format ulang? Kamu dapat menggunakan Nokia Care Suite, software untuk flashing Nokia X.