Header AD

Review: Windows 10 Mobile Insider Preview Build 10149


Setelah resmi dirilis dua hari lalu, kami mencoba untuk install Windows 10 Mobile Build 10149 untuk mengetahui apakah build ini benar-benar jauh lebih baik dari build-build sebelumnya. Build 10149 ini juga memiliki browser bawaan dengan nama baru, Microsoft Edge. Seperti apa performanya?

Sebelum membaca lebih jauh, pastikan kamu sudah membaca daftar resmi fitur-fitur baru dan isu-isu yang ada pada Windows 10 Mobile Build 10149 ini ya. 

Proses update dari Windows Phone 8.1 menuju Windows 10 Mobile Build 10149 ini sama seperti sebelumnya. Setelah naik ke Build 10149, akan ada satu kali lagi update minor yang tidak membutuhkan waktu lama. Kami menyarankan agar Lumia kamu selalu dalam kondisi baterai lebih dari 40% dan tanpa battery saver, setiap kali akan melakukan proses download/install update. Beberapa user mengalami masalah tidak dapat download/install karena baterai lemah, dan mengharuskan reset


Dimulai dari lock screen. Secara default, posisi jam dan tanggal sedikit ke atas (baik ada atau tidaknya notifikasi di bawahnya). PIN keypad kali ini dibuat transparan dan terlihat lebih modern. Untuk mengatur privasi lebih dalam, kini kamu bisa mengatur bagaimana notifikasi dimunculkan saat akses lewat lockscreen dalam keadaan terkunci. Notifikasi masing-masing app bisa kamu set ke private, dan untuk melihat pesan, PIN harus terbuka lebih dulu.

Notifikasi saat Lumia terkunci (kiri), dan saat PIN sudah terbuka (kanan).
Live tiles mengalami beberapa perubahan. Tile seperti People mempunyai efek animasi baru dengan logo melingkar. Khusus People tile, tidak pada semua kondisi tilenya menampilkan animasi atau bisa dibilang tidak konsisten. Di Lumia 930 animasi muncul dengan sempurna, namun tidak muncul kembali saat di-hard reset. Sedangkan di Lumia 1520, animasi sudah tidak ada sebelum hard reset.

Daftar aplikasi kini lebih rapih, dan shortcut menuju abjad tertentu kini dengan tampilan baru. Tanpa kotak-kotak di belakang abjad.

Tampilan Menu di Lumia 930
Untuk Lumia dengan layar lebih dari 5", terdapat opsi untuk menampilkan lebih banyak tiles, sehingga kamu bisa lebih maksimal untuk memanfaatkan jumlah tiles. Jika tiles terlalu banyak, akan ada jeda saat scroll ke atas bawah. Ini dapat disiasati dengan mengelompokkan beberapa aplikasi ke dalam live folders, sehingga tiles tidak terlalu memanjang.

Tampilan Menu dan Multitasking di Lumia 1520
Salah satu fitur baru yang menarik pada build ini adalah one-handed usage, atau reachability seperti di iOS. Asumsikan tanganmu tidak cukup untuk membuka opsi menu teratas, atau ingin membuka action center. Cukup dengan menahan tombol Windows, posisi layar akan turun dan kamu dapat mengakses bagian atas layar dengan mudah. Jika ingin mengembalikan mode layar, cukup sentuh bagian hitam pada layar, atau tahan kembali tombol Windows. Fitur ini sebelumnya hanya bisa di layar besar, namun kini layar 5" pun juga bisa.

Akses tile teratas atau action center secara mudah dengan satu tangan.
Lihat tombol quick action baru pada screenshot di atas? Yup, kini tersedia quick action untuk mennyalakan lampu kilat dan membuat note lewat OneNote (pastikan install aplikasi OneNote lebih dulu via Store Beta). Pada beberapa Lumia, quick action bisa berkedip untuk tombol pintas tertentu, seperti Quiet Hours di atas. Untuk beberapa tombol quick action seperti WiFi dan bluetooth, kamu bisa tekan dan tahan untuk masuk ke pengaturan lebih lanjut. Untuk menyalakan atau mematikan, cukup sekali tekan.

People Hub di Build 10149 masih sama seperti versi sebelumnya, hanya saja sekarang bisa geser ke kiri dan kanan untuk pindah tab dari kontak, status update dan grup. Begitu juga aplikasi Messaging. Kedua aplikasi ini sudah tidak disertai lambang alpha di atas kanan, dan jeda buka aplikasinya cukup instan.


Cortana pada Build 10149 ini juga mendapatkan peningkatan. Kamu bisa akses lebih banyak fitur termasuk Quiet Hours lewat Notebook milik Cortana. Selain Cortana, browser bawaan yang kini resmi dinamakan Microsoft Edge, juga diperbarui dengan posisi URL bar di bawah.


Outlook Mail dan Calendar masih menggunakan user interface yang sama, hanya saja kini lebih stabil dan responsif. Begitu juga Store Beta yang kini tersedia dengan opsi background berwarna gelap. Download aplikasi melalui Store Beta masih membuat frustasi seperti build sebelumnya. Kami hanya menggunakan Store Beta untuk mengunduh Office Preview dan update aplikasi bawaan. Selebihnya, kami memilih untuk menggunakan Store biasa yang lebih stabil.


Pada menu Settings, kami menemukan beberapa hal baru. Akhirnya, kamu bisa mengatur jaringan ke 3G only (atau 4G only untuk Lumia yang mendukung) lewat pengaturan SIM. Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkan kuota untuk paket internet operator tertentu. Untuk Lumia berlayar besar, menu dapat diakses secara split view pada mode horizontal.

Split view di Lumia 1520.
Aplikasi Photos kini dilengkapi Album yang dapat menampilkan hasil screenshot maupun foto lainnya, plus kemampuan memutar foto berformat GIF (khusus Lumia dengan RAM minimal 1GB). Keterangan foto juga dapat diakses langsung.


Aplikasi pemutar musik dan video juga diperbarui. Pemutar musik memiliki user interface baru yang lebih menarik. Album ditampilkan dengan ikon kotak, sedangkan artis menggunakan ikon lingkaran (seperti kontak di People). Untuk pemutar video, terdapat opsi untuk stretch atau menarik paksa video untuk memenuhi layar, dan opsi memutar video secara wireless. Video dapat diputar dengan posisi horizontal maupun vertikal.


Tampilan akses musik lewat tombol volume juga berubah, dengan logo yang lebih konsisten menyesuaikan tampilan Windows 10 Mobile.


Jadi, apakah Windows 10 Mobile Build 10149 sudah cocok untuk penggunaan sehari-hari? Jawabannya adalah: bisa iya, bisa tidak. Semua tergantung dari kebutuhan dan penggunaan. Memang, build ini sudah jauh lebih stabil dari build sebelumnya, ditambah dengan animasi-animasi yang baru dan menarik. Namun juga bukan berarti bebas dari bug, seperti:
  • Beberapa aplikasi seperti Photos dan Store Beta terkadang harus dibuka dua kali
  • Share foto bermasalah, baik dari aplikasi pihak ketiga maupun Photos
  • Private notification tidak bekerja dengan instan - pengirim dan isi pesan masih dapat terlihat
  • Beberapa nama aplikasi, tiles dan pengaturan tertampil hanya dengan kode
  • "Hey Cortana" tidak dapat diaktifkan
  • Jeda buka aplikasi dan performa tidak konsisten

Kami juga tidak dapat menjamin experience yang sama di semua Lumia Windows Phone 8. Pasalnya, experience yang kami dapatkan ketika mencoba di Lumia 930 dan 1520 cukup berbeda, walaupun hardware keduanya kurang lebih sama.

Windows 10 Mobile Build 10149 ini bisa saja digunakan untuk sehari-hari. Hanya saja, kamu harus sabar saat aplikasi tidak dapat berjalan secara semestinya. Tidak dapat mengkompensasi hal tersebut? Maka ada baiknya untuk tetap dengan Windows Phone 8.1, dan melanjutkan penantian build baru yang lebih stabil. :)


Review: Windows 10 Mobile Insider Preview Build 10149 Review: Windows 10 Mobile Insider Preview Build 10149 Reviewed by Prasetyo Herfianto on Juni 28, 2015 Rating: 5

Post AD