Langsung ke konten utama

Microsoft Merilis SDK Untuk Mempermudah Developer Menghadirkan Aplikasi Android dan iOS ke Windows Phone


Akhir bulan lalu (29/4), Microsoft memperkenalkan SDK toolkit yang diberi nama "Universal Windows Platform Bridges". Dengan ini, Microsoft mengundang para developer aplikasi berbasis web, .NET, Win32, Java/C++ (Android) dan Objective-C (iOS) untuk menghadirkan aplikasinya dengan mudah ke Windows Store atau Windows Phone Store.

Oh ya, ini bukan berarti di Windows 10 nanti, kamu bisa menginstall aplikasi berformat .apk ke Windows Phone kamu ya. Melainkan dengan SDK toolkit ini, akan mempermudah developer mengubah aplikasinya agar kompatibel secara penuh dengan Windows 10, melalui beberapa tutorial dan editing pada source code. Untuk aplikasi Android, Microsoft memberi nama "Project Astoria", sebuah proyek untuk meng-convert aplikasi Android ke Windows Phone. Ingin tahu seberapa mudah proses untuk membuat aplikasi Android kompatibel di Windows 10? Simak penjelasan dari Agnieszka Girling, Group Program Manager dari Microsoft yang menjelaskan prosesnya melalui video berikut.



Dari video di atas, terlihat cukup mudah untuk convert aplikasi Android ke Windows Phone. Bahkan, untuk mengganti penggunaan sumber peta dari Google Maps ke Bing Maps hanya memerlukan pergantian satu baris kode saja.

Berikut kami kutip beberapa hal yang dapat kamu lakukan dengan Project Astoria dari Windows Dev Center:
  • Build Windows apps for phones with few code changes
  • Use a Microsoft interoperability library to integrate Microsoft services into your app with very little effort
  • Test and debug your app from your preferred IDE
  • Publish your app and get paid through the Windows Store
Dengan Project Astoria beserta Project lainnya, diharapkan akan lebih banyak developer yang tertarik untuk membuat maupun memperbarui aplikasinya di Windows Store. Ingin tahu lebih detil mengenai Project Astoria dan Project lainnya? Kamu bisa mengunjungi halaman Windows Dev Center berikut.