Langsung ke konten utama

Nokia Berencana Kembali Masuk ke Pasar Smartphone di Tahun 2016?


Setelah proses akuisisi dengan Microsoft selesai, Nokia tidak boleh memproduksi smartphone sendiri hingga batas waktu yang ditentukan, yaitu sampai kuartal 4 tahun 2016. Walaupun begitu, Nokia bisa saja merilis perangkat baru dengan menggunakan pabrik manufaktur pihak ketiga seperti Foxconn, yang menghasilkan Nokia N1, tablet Android pertama Nokia.

Rumor terbaru, Nokia akan kembali masuk ke pasar consumer mobile phone, secepatnya awal tahun depan. Ini didapat oleh Re/code yang mengaku memiliki dua sumber dari Nokia sendiri. Keputusan untuk kembali masuk ke pasar mobile bersumber dari Nokia Technologies - salah satu dari tiga divisi Nokia yang terkecil, namun memiliki portofolio lebih dari sepuluh ribu lisensi.Selain pasar mobile, Nokia juga dirumorkan akan masuk ke pasar virtual reality, yang mungkin akan bersaing dengan Samsung dan HTC.

Nokia N1 merupakan produk yang dirilis melalui divisi tersebut. Dengan desain dari Nokia, kemudian diberikan lisensi ke perusahaan lain seperti Foxconn, namun tetap di bawah brand Nokia. Tetapi berbeda dengan N1, dua produk baru (mobile dan virtual reality) ini merupakan permulaan dari bangkitnya brand Nokia. 

Nokia N1

Richard Kerris, mantan eksekutif Nokia mengatakan kepada tim Re/code jika keduanya memiliki banyak hal besar dalam pembuatannya. Richard sangat yakin dan berkata bahwa konsumen akan terpesona jika beberapa yang dia sudah lihat, dihadirkan dalam pasar konsumen nantinya.


Sumber: Re/code