Langsung ke konten utama

Microsoft Merilis Artikel Mengenai Desain UI Windows 10 for Phones

Windows 10 for Phones memang mengalami banyak perubahan pada sisi user interface. Beberapa orang akan menyukainya, beberapa tidak. Microsoft melalui blog resminya, merilis sebuah artikel panjang berisi penjelasan mengenai apa yang terjadi pada perubahan tampilan di Windows 10 for Phones. Diawali dengan hamburger menu.

Windows 10 for Phones lebih banyak menggunakan hamburger menu daripada pivot seperti di Windows Phone 7 atau 8. Hamburger menu adalah sebuah tombol dengan logo tiga garis horizontal, yang dapat bertindak sebagai "Home" atau pusat navigasi pada aplikasi. Facebook dan OneDrive sudah menggunakan tombol ini sebagai navigasi utama. Berbeda dengan pivot, yaitu tampilan dengan kontrol geser ke kiri dan kanan, seperti pada People Hub. Windows Phone sudah menggunakan pivot sejak lama, namun Microsoft kini lebih condong menggunakan hamburger menu karena menurut mereka, hamburger menu adalah solusi efektif untuk membuat tampilan menjadi lebih pas dan sempurna.

Selain itu, hamburger menu juga digunakan untuk PC. PC tidak menggunakan mode pivot karena layarnya yang sudah cukup lebar. Contohnya, Outlook di Windows PC dapat menampilkan tiga tab sekaligus untuk folder, inbox dan isi email. Sedangkan untuk smartphone, dapat menggunakan hamburger menu sebagai solusi layar smartphone yang tidak selebar PC.

Outlook Mail di Windows 10 for Phones

Dengan universal apps, tampilan aplikasi yang berjalan baik di PC maupun smartphone akan terlihat lebih konsisten dan continuum. Microsoft akan tetap menerapkan mode pivot pada beberapa tampilan di smartphone jika dirasa lebih efektif daripada hamburger menu, dan akan terus menerima pendapat dari Windows Insiders. Jadi bagi kamu pengguna Windows 10 Technical Preview, terus beri saran melalui Feedback app ya.

Di Windows 10 Technical Preview for Phones build berikutnya, Microsoft juga memperbarui aplikasi Outlook Calendar, dengan mengoptimalkan tampilan bulanan dan jumlah minggu pada smartphone berlayar besar, plus tampilan mingguan dalam mode landscape.

Mini-month view (atas) dan week view (bawah) di Outlook Calendar

Microsoft Edge (nama resmi dari Project Spartan), juga merupakan salah satu aplikasi yang difokuskan oleh Microsoft agar mendapatkan experience untuk menjelajah web dengan baik. Sampai saat ini, Microsoft terus mendengarkan masukan dari Windows Insiders mengenai peletakan adress bar di browser. Jadi terus sampaikan pendapatmu lewat Windows Feedback, apakah adress bar lebih baik diletakkan di atas, atau bawah layar seperti di Internet Explorer.

Microsoft juga memutuskan untuk menggunakan icon berbentuk lingkaran untuk kontak. Karena kontak (/orang) adalah bagian penting dari hidup, Microsoft membuat agar kontak ini dapat lebih mencolok daripada konten lain yang kebanyakan berbentuk kotak, terutama di Windows 10. Dengan begitu, Microsoft berharap agar kamu dapat lebih mudah mencari teman (dalam bentuk kontak) saat mengeksplorasi banyak hal pada smartphonemu. Seperti inilah tampilannya nanti.

People Hub dengan desain baru

Untuk aplikasi Photos (galeri) di Windows 10, pada build berikutnya, Microsoft memutuskan untuk menggunakan pivot sebagai metode navigasi antara collection dan tampilan album di Windows 10 for Phones, karena dirasa lebih mudah daripada menggunakan hamburger menu (yang digunakan untuk Photos di Windows PC).


Perlu diingat, semua tampilan di atas bukan tampilan final dari Windows 10 for Phones, tetapi paling tidak perubahan user interface ini adalah yang paling efektif menurut Microsoft. Semua juga tergantung dari ratusan ribu pendapat yang disampaikan Windows Insiders, untuk mencapai kesepakatan bersama membuat user interface Windows 10 for Phones paling menarik.

Bagaimana menurutmu dengan perubahan user interface di atas? Hamburger menu atau pivot menu yang lebih kamu suka? Tulis pendapatmu di bawah ya.

Sumber: Windows Blog


Pos populer dari blog ini

Belanja Aplikasi di Nokia Ovi Store

Nokia Ovi Store adalah layanan toko/kios aplikasi dari Nokia. Nokia Ovi Store menyediakan berbagai macam konten (aplikasi,games,themes,wallpaper hingga ringtones) untuk di unduh secara gratis ataupun berbayar. 
Ada 2 cara/sistem untuk membeli aplikasi di Nokia Ovi Store yaitu dengan sistem memotong pulsa dan Credit Card.
Bagi pengguna Nokia di Indonesia, Pembelian aplikasi di Nokia Ovi Store sangat mudah dengan adanya sistem pemotongan pulsa. Setelah bekerja sama dengan Telkomsel, Nokia Indonesia beberapa minggu lalu melakukan kerja sama dengan Indosat dan XL Axiata untuk sistem pemotongan pulsa. Dengan adanya kerja sama dengan Telkomsel, Indosat dan XL Axiata, berarti seluruh pelanggan dari 3 Provider tersebut dapat melakukan pembelian konten di Nokia Ovi Store dengan sistem pemotongan pulsa.

Ubah Home Screen Nokia X Kamu dengan Aplikasi "Madina Launcher" dari @MadinaTech !!

Jika kamu pengguna Nokia X dan ingin mengubah tampilan home screen dan tampilan menu utama Nokia X kamu menjadi seperti Android di smartphone Samsung, kamu bisa dengan mudah melakukannya dengan aplikasi "Madina Launcher".

Tips & Trick: Flash (Install Ulang Software) Nokia X Dengan Nokia Care Suite

Ingin me-refresh Nokia X kembali seperti semula? Malas untuk unroot dan menghapus file sistem yang sudah di-edit sebelumnya? Atau sudah root, lalu update software dan lupa un-root hingga tidak bisa install dan format ulang? Kamu dapat menggunakan Nokia Care Suite, software untuk flashing Nokia X.