Langsung ke konten utama

Windows 10 Akan Dirilis Musim Panas Ini - Di 190 Negara & 111 Bahasa


Hari ini, Microsoft telah mengadakan event Windows Hardware Engineering Community (WinHEC) di Shenzhen, Cina, untuk membicarakan tentang Windows 10 dengan segala inovasi dan kesempatan yang ditawarkan untuk partner kerja Microsoft. Pada event tersebut, disampaikan informasi terbaru mengenai Windows 10 beserta penambahan fitur yang juga baru saja diumumkan, yaitu Windows Hello.

Terry Myerson, EVP untuk Sistem Operasi di Microsoft, mengumumkan bahwa Windows 10 akan dirilis pada musim panas ini di 190 negara dan 111 bahasa. Pada event tersebut, Microsoft juga mendemokan Windows Hello, fitur terbaru di Windows 10 yang akan memudahkan kamu untuk melakukan login dan pembayaran tanpa perlu memasukkan password.

Microsoft juga mengumumkan jalur update ke Windows 10 dari semua edisi Windows sebelumnya yang ada di desktop maupun Windows Phone. Untuk pengguna Lumia yang sudah terinstall Windows Phone 8.1, kamu dapat update langsung ke Windows 10 for Phones secara langsung saat tersedia nantinya. Untuk Windows Phone 8, kamu bisa menggunakan Lumia Software Recovery Tool untuk langsung update.


Untuk hardware minimal yang dibutuhkan, masih sama seperti yang sudah diumumkan sebelumnya. Minimal RAM yang dibutuhkan yaitu 512MB, dengan memori internal minimal 4GB - khusus untuk Lumia dengan memori 4GB, diwajibkan untuk menggunakan MicroSD agar dapat melakukan proses update ke Windows 10. Microsoft juga mengumumkan dukungan resolusi dan ukuran layar untuk Windows 10 for Phones. Mulai dari layar ukuran 3" dengan resolusi 480p, hingga layar 7,99" dengan resolusi 2048p, lebih dari Full HD.

Dukungan hardware untuk Windows 10 juga ditambah agar kompatibel untuk beberapa jenis processor baru, seperti Snapdragon 810 dengan CPU 8-core yang cocok untuk flagship terbaru, Snapdragon 615, Snapdragon 808, dan Snapdragon 210 yang pas untuk Lumia dengan harga terjangkau.

Di sisi lain, Microsoft juga mengumumkan kerjasama antara Microsoft China dengan produsen smartphone Android, Xiaomi. Microsoft akan merilis versi Preview dari Windows 10 untuk Xiaomi Mi 4 dalam bentuk ROM Pack via MIUI forum, memungkinkan pengguna Mi 4 yang tergabung dalam forum tersebut mengganti secara penuh OS Androidnya ke Windows 10, dan dapat turut berkontribusi untuk memberikan feedback dalam penyempurnaan Windows 10.


Dengan Windows Hello, dukungan hardware baru, konsep Universal Apps, kerjasama dengan partner untuk region Cina dan pembuatan ROM untuk smartphone Android, ini merupakan gerakan yang cukup hebat untuk Microsoft. Semoga dengan ini, Microsoft dapat segera menutupi kekurangan yang ada pada sistem operasinya. Salah satunya yaitu ketersediaan aplikasi yang hingga saat ini masih bisa disebut minim, dibandingkan kedua sistem operasi lain seperti iOS dan Android.

Tidak sabar untuk menikmati Windows 10 di Lumia kamu? Semoga tidak mundur lagi hingga akhir tahun ya.

Sumber: Windows Blog, Windows Central, WMPU