Langsung ke konten utama

Microsoft Memperkenalkan "Windows Hello" - Fitur Pengganti Password dan PIN


Microsoft melalui blog resminya memperkenalkan sebuah fitur baru untuk membuat sistem operasi terbarunya, Windows 10 semakin personal, yaitu Windows Hello. Dengan Windows Hello, kamu tidak perlu lagi memasukkan password maupun PIN. Bagaimana cara kerjanya?

Windows Hello merupakan fitur otentifikasi biometrik yang membuat kamu dapat mengakses berbagai macam hal secara instan. Dengan Windows Hello, kamu hanya perlu menunjukkan wajah, atau menyentuhkan jari ke perangkat Windows 10 tertentu dan secara instan kamu akan dikenali.

Penasaran seperti apa? Berikut video demo dan penjelasannya.



Windows Hello memanfaatkan fingerprint reader atau perangkat lain seperti kamera. Untuk kamera, Windows Hello membutuhkan hardware khusus seperti Intel RealSense 3D Camera, yang mendukung facial recognition dan iris recognition. Kamera ini memiliki sensor inframerah, sehingga wajahmu akan tetap dikenali bahkan dalam kondisi kurang cahaya, plus mendeteksi percobaan login menggunakan foto wajah.

Di dalam fitur Windows Hello, terdapat sistem yang dapat menyimpan data untuk login, yang diberi nama "Passport". Passport berguna untuk mengontrol aplikasi maupun situs tertentu yang membutuhkan login. Dengan verifikasi terlebih dahulu, kamu akan dapat login ke berbagai macam aplikasi maupun website seperti jejaring sosial, email, e-commerce hanya dengan Passport ini. Data hanya disimpan dalam perangkat Windows 10 dan tidak ter-upload ke server, jadi aman untuk digunakan.

Windows Hello akan tersedia untuk Windows 10 desktop dan smartphone. Sampai saat ini, belum ada Lumia yang memiliki sensor sidik jari maupun menggunakan kamera RealSense milik Intel. Kita tunggu saja, apakah flagship Lumia dari Microsoft akan kompatibel dengan Windows Hello atau tidak.

Sumber: Windows Blog