Langsung ke konten utama

Sabtu Seru Bareng @HERE Maps – Luqman Hakim


Luqman Hakim (Lucky) adalah mahasasiwa Teknik Geomatika dari Institut Teknologi 10 November, Surabaya. Lucky telah bergabung di HERE Expert Community Program sejak tahun 2013. Sebenernya ketika pertama kali bergabung saya kurang begitu mengerti apa itu Here Expert Community dan hanya mengelola akun dari teman saya untuk menambahkan point. Ketika itu yang saya ketahui hanyalah menambahkan geometri jalan dan menambahkan POI dan tidak mengetahui benefits lainnya dari HERE Expert Community Program.

Tidak lama berselang setelah saya bergabung ke HERE Expert Community Program ternyata banyak hal yang diperoleh bagi mahasiswa, salah satunya adalah kesempatan untuk mengelola kota tempat tinggal saya saat ini, yaitu Surabaya. Yeap, mengelola! Seperti yang telah kita ketahui, Surabaya terus berkembang, dan supaya informasi di dalam HERE Maps tetap terjaga, saya dan teman-teman dari Teknik Geomatika ITS beserta Nokia HERE Surabaya secara rutin mengelola informasi Point Of Interest dan nama jalan yang ada di HERE Maps.



Mengelola informasi peta memang pekerjaan yang sepertinya terlihat mudah, tapi ketika saya berkesempatan internship di Nokia HERE, tanpa diduga hal ini merupakan pekerjaan menantang dan seru. Kalian bisa membayangkan, berapa banyak POI dan jumlah nama jalan yang di Surabaya? Ternyata semua informasi ini dikelola secara rutin oleh HERE. Mengelola informasi tersebut dilakukan dengan berbagi cara, mulai melakukan survey langsung ke lapangan hingga analsisi dibelakang meja dengan menggunakan beberapa jenis software yang baru saya kenal.

Bagi saya dan mahasiswa lainnya, kami melihat bahwa program HERE Expert Community Program memiliki tujuan lain yang tanpa disadari bermanfaat bagi masa depan. Misalnya kesempatan untuk dapat magang dan mengetahui dunia professional sangatlah penting bagi kami, sehingga sebelum terjun di dunia kerja kami sudah memiliki bekal yang cukup. 



Dan ide untuk menyalurkan catatan ini ke media dan blogger sangatlah menarik, dimana harapan saya pengalaman seru ini dapat memotivasi teman-teman lainnya untuk berani lebih mengeksplorasi skills dan knowledgenya di dunia professional selama masa perkuliahan. Oh ya..tak lupa thanks to Nokianesia yang sudah mau membantu memfasilitasi testimoni saya ini untuk dapat dipublikasi.

Pengen kenalan sama Lucky? Kamu bisa kontak di https://www.facebook.com/luckyhackymjecks

Tertarik gabung di HERE Expert Community Program? Feel free to join! komunitas ini terbuka untuk masyarakat umum dan perguruan tinggi. Selain kamu bisa membuat peta secara gratis di tool HERE Map Creator, kamu juga berkesempatan mendapatkan pengalaman seru dan mengumpulkan berbagai badges menarik yang tentunya disertai special thank you give dari HERE.

Caranya gampang, buka www.here.com/mapcreator/, daftarkan diri kalian, dan kemudian kirimkan email ke idecpteam@here.com. Dalam kurun 1 x 24 Jam pasti bakal direspon. Last but not least, jangan lupa join di https://www.facebook.com/groups/HEREExpertCommunityIndonesia/


Pos populer dari blog ini

Belanja Aplikasi di Nokia Ovi Store

Nokia Ovi Store adalah layanan toko/kios aplikasi dari Nokia. Nokia Ovi Store menyediakan berbagai macam konten (aplikasi,games,themes,wallpaper hingga ringtones) untuk di unduh secara gratis ataupun berbayar. 
Ada 2 cara/sistem untuk membeli aplikasi di Nokia Ovi Store yaitu dengan sistem memotong pulsa dan Credit Card.
Bagi pengguna Nokia di Indonesia, Pembelian aplikasi di Nokia Ovi Store sangat mudah dengan adanya sistem pemotongan pulsa. Setelah bekerja sama dengan Telkomsel, Nokia Indonesia beberapa minggu lalu melakukan kerja sama dengan Indosat dan XL Axiata untuk sistem pemotongan pulsa. Dengan adanya kerja sama dengan Telkomsel, Indosat dan XL Axiata, berarti seluruh pelanggan dari 3 Provider tersebut dapat melakukan pembelian konten di Nokia Ovi Store dengan sistem pemotongan pulsa.

Ubah Home Screen Nokia X Kamu dengan Aplikasi "Madina Launcher" dari @MadinaTech !!

Jika kamu pengguna Nokia X dan ingin mengubah tampilan home screen dan tampilan menu utama Nokia X kamu menjadi seperti Android di smartphone Samsung, kamu bisa dengan mudah melakukannya dengan aplikasi "Madina Launcher".

Tips & Trick: Flash (Install Ulang Software) Nokia X Dengan Nokia Care Suite

Ingin me-refresh Nokia X kembali seperti semula? Malas untuk unroot dan menghapus file sistem yang sudah di-edit sebelumnya? Atau sudah root, lalu update software dan lupa un-root hingga tidak bisa install dan format ulang? Kamu dapat menggunakan Nokia Care Suite, software untuk flashing Nokia X.