Subcribe to our RSS feeds Join Us on Facebook Follow us on Twitter

22 Jan 2015

Recap Event Windows 10: The Next Chapter


Microsoft baru saja menyelesaikan event media briefing mengenai apa yang telah dikembangkan dengan Windows 10, dan memperkenalkan dua produk baru yang sangat futuristik, seperti Microsoft Surface Hub dan Microsoft HoloLens.

Pada event ini, juga dipresentasikan Windows 10 untuk smartphone dengan berbagai macam fitur baru. Apa saja yang diperlihatkan?

Sebelum kami memulai, kami telah mengkonfirmasi bahwa Windows 10 untuk smartphone akan disebut dengan hanya "Windows 10". Ini dikarenakan Windows 10 untuk smartphone memiliki user interface yang semakin mirip pada versi PC, dan banyak aplikasinya juga dibuat dengan code base yang sama dengan versi PC. Ini dikenal sebagai Universal Apps.

Perubahan dimulai dari Start Screen. Di Windows 10, kini foto ditampilkan sebagai background tiles, sama seperti versi PC, dengan masing-masing tile dibuat sedikit transparan. Jika digeser ke kanan, App Drawer kini akan menampilkan daftar aplikasi yang baru saja diinstall di bagian atas.


Menu Settings juga berubah dengan adanya kategori, sehingga tidak perlu scroll terlalu banyak untuk mencari pengaturan spesifik. Sayangnya, tidak dibahas detil mengenai tampilan dan perubahannya. Selain Settings menu, Action Centre juga mendapatkan update. Kamu bisa geser Action buttons ke bawah untuk menampilkan lebih banyak tombol pintas.

(Sumber: The Verge)
Notifikasi di Windows 10 juga mendapatkan peningkatan. Kamu bisa langsung balas pesan melalui banner notifikasi yang muncul di atas layar. Dan untuk Lumia berlayar besar, keyboard dapat diatur posisi dan ukurannya untuk kenyamanan mengetik dengan satu tangan. Dan kini tersedia tombol speech, yang berfungsi untuk menuliskan pesan otomatis saat kamu berbicara. Skype juga akan terintegrasi dengan Pesan.

(Sumber: The Verge)

Selain itu, Microsoft juga memperkenalkan Universal Apps, yaitu aplikasi yang dibuat dengan code-base yang sama baik untuk PC dan smartphone, tentunya dengan tampilan yang mirip. Windows 10 untuk smartphone akan mendapatkan aplikasi People, Photos, Music, Videos, Maps, Mail dan Calendar baru. Plus, Office baru dengan tampilan yang mirip seperti Office 2013 di PC dan lebih fungsional. Kemampuannya juga ditingkatkan, seperti presentasi slide PowerPoint dengan tampilan efek transisi yang sama seperti di PC.

Aplikasi Photos akan memiliki fitur menarik, yaitu dapat mengkategorikan foto menjadi album berdasarkan data EXIF yang ada. Selain itu, dengan OneDrive, Photos dapat menampilkan koleksi foto dari beberapa perangkat (termasuk cross-platform), dan otomatis menghilangkan foto yang terduplikat, plus memperbaiki kualitas foto secara otomatis (dapat dinonaktifkan sesuai selera).
(Sumber: The Verge)

Microsoft juga mengupload video mengenai Windows 10 di PC dan smartphone. Demo untuk smartpone dimulai pada menit ke-2.



CNET juga merilis video Joe Belfiore saat mendemokan Windows 10 di Nokia Lumia 1520 saat acara berlangsung. Berikut video singkatnya.



Update:

Daniel Rubino dari Windows Central turut hadir mengikuti event ini, dan mencoba Windows 10 untuk smartphone yang disediakan untuk demo. Daniel menemukan beberapa perubahan dan fitur baru yang tidak disebutkan pada saat presentasi. 

Contohnya seperti munculnya tombol kursor atau pointing stick di keyboard, mirip seperti trackpad berwarna merah yang biasanya ada di Lenovo ThinkPad. Dengan tombol ini, kamu bisa mengarahkan kursor secara mudah dan tepat, biasanya untuk mengkoreksi penulisan yang salah.

  
Cortana di Windows 10 juga tampil sedikit berbeda. Kini logo Cortana terletak di bagian tengah atas, tidak lagi di kiri atas.



Skype juga kini terintegrasi di Windows 10, lewat aplikasi Phone dan Messaging. Di Windows 10, kamu bisa mengirim pesan melalui SMS atau Skype dalam satu thread, tidak perlu berpindah aplikasi. Termasuk melakukan panggilan video dan telepon. Tampilan aplikasi Phone juga diubah, dengan kini memiliki tiga tab - History, Speed dial, dan yang baru yaitu Voicemail.


Detil mengenai Windows 10 ini memang belum lengkap, karena masih dalam tahap pembuatan yang sangat awal. Dan masih besar kemungkinan akan dilakukan perubahan di berbagai sisi. Versi build pertama dari Windows 10 ini akan dirilis pada Februari bulan depan, tentunya dengan bug dan bisa saja masih belum sepenuhnya fungsional untuk pemakaian sehari-hari. Dengan dirilisnya versi Preview bulan depan, diharapkan agar pengguna Windows 10 yang mencoba bisa saling memberi feedback untuk menyempurnakan Windows 10 bersama-sama, baik dari Microsoft maupun penggunanya.

Di akhir presentasi, Microsoft juga mengumumkan bahwa akan ada flagship Windows Phone baru yang akan dirilis pada tahun ini. Tidak ada tanggal dan bulan yang disebutkan, bisa saja pertengahan tahun maupun akhir tahun. Apakah Microsoft akan merilis generasi penerus Nokia Lumia 1020? Kita tunggu saja infonya nanti ya.

Untuk detil lain seperti Spartan browser di Windows 10, Microsoft HoloLens dan Microsoft Surface Hub, cek infonya di sini.

Lihat Juga: