Subcribe to our RSS feeds Join Us on Facebook Follow us on Twitter

14 Des 2014

Road Show "Nokia HERE Goes To Campus"


Sabtu kemarin (13/12), team dari HERE Indonesia mengadakan road show Nokia HERE Goes To Campus. Road show kali ini bertempat di gedung Teknik Geomatika, Fakultas Teknik Sipil & Perencanaan, Institut Teknologi 10 November Surabaya. Kebetulan, ITS juga termasuk salah satu universitas dengan mahasiswa yang paling aktif berkontribusi untuk Nokia HERE.

Kebetulan, nokianesia dapat hadir dalam road show kali ini. Apa aja sih yang dibahas di road show HERE Goes To Campus?

HERE Goes To Campus diadakan untuk mengenalkan Nokia HERE kepada mahasiswa, baik itu teknologi secara umum, cara menggunakan Map Creator, maupun kontribusi yang dapat diberikan oleh pihak HERE untuk membantu akademik mahasiswa.


Seminar diisi oleh Alam Primanda, HERE Business Unit, Nokia. Beliau memulai dengan memberi informasi mengenai apa saja yang baru saja terjadi di Nokia setelah proses akuisisi Microsoft selesai. Ya, Nokia kini terdiri dari tiga divisi; Nokia Networks, HERE, dan Nokia Technologies. "Baru-baru ini, divisi Nokia Technologies merilis sebuah produk baru, yaitu Nokia N1", ucapnya.


Setelah itu, obrolan fokus ke teknologi yang digunakan oleh Nokia HERE. "HERE juga mempunyai kendaraan dengan 3D kamera di atasnya. Dan berbeda dengan milik Google Street View, kendaraan milik HERE dilengkapi teknologi yang lebih canggih, salah satunya laser light radar (LIDAR). Dengan ini, detil lokasi dan permukaan jalan akan didapat dengan lebih baik". Jika kamu penasaran dengan bagaimana kendaraan HERE mengambil data lokasi, cek videonya di sini.

Alam menambahkan, "Kami berharap, HERE bisa menjadi solusi utama untuk penyedia lokasi. Peta kami juga dibuat dari kalian (mahasiswa, melalui kontribusi lewat Map Creator), dan juga untuk kalian. Pasti ada sebuah kebanggan, bisa melihat peta hasil buatan kalian, tampil dan digunakan oleh masyarakat."


Seminar dilanjutkan dengan membahas program HERE Expert Community di tahun 2015. "Program seperti ini adalah yang pertama dan diadakan di Indonesia. Kami ingin semua orang yang sudah berkontribusi, kami beri apresiasi lebih. Di tahun 2015, kami akan memberikan penghargaan seperti bagde. Akan ada sekitar 88 badges yang bisa dikumpulkan, nanti 20 besar kontributor dengan badge terbanyak dapat menjadi seorang Map Masters". Benefit dari Map Masters adalah akan mendapatkan kesempatan mengikuti acara seperti annual summit, case study, training dan regular hangout seperti social/networking events.


Nah, akan ada tiga badges program utama; Flash Mob Challenge, Monthly Badges dan Gathering Road Show. Di program Flash Mob Challenge, akan ada event seperti "House Hunter", "City Invasion", dan beberapa event baru. Salah satunya adalah "Lost In Heaven", dengan hadiah jalan-jalan ke tempat wisata paling oke di Indonesia, seperti Raja Ampat, Gili Trawangan, Bunaken dan Waktobi. Oke, kan? Untuk detilnya, tunggu tahun depan ya.

Selain HERE Badges Program, juga ada HERE Development yang lebih fokus ke universitas, dengan tujuan "Bring the university into the next level of experiences". Akan ada HERE APIs Application Challenge, seminar training, kuliah tamu, dan yang paling menarik yaitu tawaran internship di HERE Indonesia. Alam Primanda berkata, "program ini dapat membantu nilai akademik mahasiswa. Dan menurut kami, pengalaman bekerja bagi mahasiswa juga cukup penting".


Dari beberapa pengalaman para pengguna HERE Maps dan Map Creator, HERE Indonesia bekerja sama dengan Nokianesia ingin mengapresiasi dengan mengadakan event "Sabtu Seru Bareng HERE Maps". Kamu bisa sharing pengalaman menarik dengan HERE Maps atau saat menggunakan Map Creator. Cerita paling menarik akan dipublish di blog kami dan akan mendapatkan thankyou gift dari HERE Indonesia. Event ini akan diadakan setiap dua minggu sekali. Kamu bisa baca detilnya di sini.

Selanjutnya, Andi Wicaksono dari HERE Surabaya menunjukkan cara menggunakan HERE Map Creator. Dengan Map Creator, kamu bisa menambahkan jalan, nomor rumah dan Points Of Interest.



Nantinya, HERE Indonesia juga akan bekerja sama dengan beberapa universitas di Indonesia untuk membuat HERE University Community Program. HERE akan dapat terlibat dalam kurikulum tertentu, seperti mata kuliah SIG, Mobile Applications, Field Survey dan lainnya, untuk membantu dalam hal akademik kepada mahasiswa.


Seminar kemudian ditutup dengan sesi tanya jawab, pembagian merchandise dan sesi foto bersama team HERE Indonesia.


HERE Indonesia masih akan melaksanakan road show di bulan ini sampai bulan depan. Nantikan program-program terbaru dari HERE Indonesia di tahun depan lewat blog kami. Stay tuned!