Subcribe to our RSS feeds Join Us on Facebook Follow us on Twitter

6 Des 2014

Hands-On Review: Microsoft Lumia 535 Dual SIM - Lumia Dengan Branding Microsoft Pertama


Beberapa waktu lalu, kami berkesempatan untuk mencoba Lumia terbaru dan yang pertama menggunakan branding Microsoft, yaitu Microsoft Lumia 535 Dual SIM. Lumia 535 Dual SIM adalah Lumia dengan harga terjangkau, namun tetap dilengkapi fitur yang super lengkap dan "serba 5".

Apa sih yang dimaksud "serba 5"? Yang dimaksud adalah, Lumia 535 memiliki ukuran layar 5", kamera depan & belakang masing-masing 5 megapiksel, dan dilengkapi 5 layanan Microsoft seperti OneNote, OneDrive, Office, Skype dan Xbox Games.


Lumia 535 Dual SIM memiliki layar 5" beresolusi qHD 960x540 piksel, dengan teknologi IPS dan kerapatan piksel 220ppi. Walaupun harganya terjangkau, layar Lumia 535 ini sudah dilengkapi lapisan Gorilla Glass 3 untuk menambah daya tahan layar terhadap goresan. Kualitas layarnya pun bisa dibilang bagus. Layar cukup terang dan sensitif, dengan ukuran layar besar membuat Lumia ini nyaman untuk dipakai ketik-ketik, melihat koleksi foto dan bermain game. Sayangnya, Lumia 535 belum dilengkapi teknologi ClearBlack display, sehingga warna hitam yang ditampilkan masih agak terang.

Walaupun memiliki layar besar, dimensi Lumia 535 Dual SIM ini cukup dan pas di tangan. Dimensinya hampir sama dengan Lumia 930, tidak untuk beratnya. Hanya dengan 146g, Lumia 535 terasa sangat ringan di tangan. Ditambah dengan sisi-sisi yang melengkung dan ketebalan 8.8mm, membuat Lumia 535 semakin enak digenggam. Back covernya menggunakan bahan glossy, membuatnya terasa sedikit licin namun tetap memiliki grip yang kuat. Berikut foto Lumia 535 Dual SIM bersama dengan Lumia 730 Dual SIM dan Lumia 930.


Microsoft Lumia 535 Dual SIM ini sudah menggunakan Windows Phone 8.1 Update "Lumia Denim", ditenagai oleh processor quad-core Snapdragon 200 1.2GHz, dan RAM 1GB. Dengan processor quad-core, Lumia 535 mampu menangani multitask dengan baik. Jeda aplikasi yang dibuka pun cukup singkat, lebih singkat dari Lumia 520 dan bisa dibilang setara/sedikit lebih cepat dari Lumia 1020. Tetapi saat kami mencoba untuk scroll daftar aplikasi secara cepat, framerate terlihat sedikit turun. Walaupun begitu, tidak mengganggu performa penggunaan secara keseluruhan.


Oh ya, dengan RAM 1GB, kamu bisa install lebih banyak games dari Windows Phone Store. Sayangnya, di Lumia 535 yang kami gunakan, tidak terinstall game sama sekali. Dengan grafis Adreno 203, kami meyakini Lumia 535 mampu menangani game kasual seperti Despicable Me & Subway Surfers dengan lancar. Bagaimana dengan memori? Jika memori internal 8GB terasa kurang, tersedia slot memori eksternal hingga 128GB untuk menampung segala aplikasi & game tanpa perlu takut kehabisan memori. Plus, tersedia tambahan 15GB penyimpanan awan di OneDrive, yang dapat kamu sinkron dengan perangkat lain seperti PC, sehingga tidak harus menyambung kabel untuk kebutuhan transfer data.


Lumia 535 Dual SIM dilengkapi kamera depan & belakang masing-masing 5 megapiksel, dengan apertur f/2.4 dan kemampuan rekam video maksimal 480p. Kamera belakang Lumia 535 dilengkapi lampu kilat LED dan autofokus, dengan focal length 28mm dan ukuran sensor 1/4". Bagaimana dengan hasil fotonya? Kami berkesempatan untuk mengetes kamera Lumia 535 dalam kondisi indoor, dengan pencahayaan sedikit redup. Berikut adalah beberapa hasil foto kamera belakang Lumia 535 dengan mode otomatis tanpa lampu kilat.


Hasil kamera Lumia 535 bisa dibilang cukup baik di kelasnya. Dengan sensor kamera berukuran kecil dan apertur yang tidak terlalu besar, foto yang dihasilkan memiliki reproduksi warna yang tepat/sesuai dengan kondisi asli. Walaupun di beberapa foto, terlihat sedikit keunguan pada beberapa bagian/sudut foto. 

Yang cukup mengejutkan, di foto terakhir dengan objek Lumia 730, kami mencoba menurunkan ISO ke 100 dengan shutter speed 0,6 detik. Hasilnya, walaupun tanpa OIS dan kondisi tangan yang tidak terlalu siaga, foto tetap steady dan menghasilkan detil cukup bagus. Ya, memang masih terdapat noise/bintik-bintik buram pada hasil foto. Menurut kami, itu wajar karena kondisi pencahayaan yang kurang dan ukuran sensor yang cukup kecil.


Berbeda dengan kamera belakang, kamera depan Lumia 535 memiliki focal length yang lebih baik, 24mm. Dengan begitu, kamu bisa selfie tanpa harus meregangkan tangan terlalu jauh, plus bisa berfoto bersama banyak teman (atau istilahnya 'wefie') dengan mudah. Selain hasil kameranya yang juga cukup bagus, tersedia aplikasi Lumia Selfie untuk menyempurnakan foto potraitmu. Tersedia fitur seperti memutihkan gigi, memperhalus permukaan kulit, melebarkan mata, menguruskan wajah dan lainnya yang dapat kamu atur tingkat efeknya.

Saat ini, Microsoft Lumia 535 Dual SIM sudah tersedia di Indonesia melalui pre-order, dengan harga IDR 1.699.000 dan promo cashback hingga IDR 400.000. Dengan lima varian warna (hitam, putih, oranye, hijau terang dan cyan), Lumia 535 Dual SIM patut dilirik bagi kamu yang ingin mencoba Lumia dengan harga murah, namun tetap memiliki fitur yang tidak kalah menarik seperti kamera depan bening, layar besar, processor quad-core dan RAM 1GB.

Untuk foto hands-on Microsoft Lumia 535 Dual SIM yang lebih lengkap, klik di sini.