Langsung ke konten utama

Unboxing, Hands-On & Review Nokia Lumia 930 - The Ultimate Experience


Nokia Lumia 930, Nokia Lumia terbaru dengan design yang elegan sudah secara resmi dikenalkan oleh Microsoft Devices Indonesia beberapa waktu lalu dan sudah mulai dijual di Indonesia.

Nah pada kesempatan ini, @nokianesia kembali akan melakukan unboxing, hands-on dan review Nokia Lumia 930 agar kamu yang berminat membeli smartphone ini menjadi kenal dan tahu seluk beluk dari Nokia Lumia 930 ini.

Nokia Lumia 930 ini merupakan seri paling baru di jajaran Nokia Lumia yang dijual di Indonesia setelah Nokia Lumia 530 Dual SIM. Dengan tagline "The Ultimate Experience" dan didukung dengan prosesor Snapdragon 800 Quad core 2.3 Ghz, kamera utama 20 Mpx Zeiss Lens dengan teknologi PureView dan Windows Phone 8.1, Nokia Lumia 930 diharapkan mampu mendukung berbagai macam kegiatan mulai dari bisnis sampai hiburan.

Langsung aja kita melihat isi kotak dari Nokia Lumia 930 ini yuks.

Isi Kotak
Bentuk kotak dari Nokia Lumia 930 ini sudah memakai bentuk baru (tidak lagi kotak biru khas Nokia) dan sudah mengikuti kotak Nokia Lumia 630 & 530 Dual SIM.

Tampilan depan kotak Nokia Lumia 930


Tampilan belakang kotak Nokia Lumia 930

Apa saja sih yang bakal kamu dapetin jika kamu membeli Nokia Lumia 930 ini? Yang pasti kamu bakal dapet 1 Nokia Lumia 930 nya dong ya di dalam kotaknya. Lainnya, kamu bakal dapet 1 Nokia AC-60 MicroUSB Charger, 1 Nokia Charging and Data Cable CA-190CD, 1 Nokia headset WH-208 dan 1 Panduan cepat yang bisa kamu gunakan untuk mencari informasi pemakaian awal.


Nokia Lumia 930 di dalam kotak

Isi kotak Nokia Lumia 930

 Nokia AC-60 MicroUSB Charger

Nokia headset WH-208


Design
Nokia Lumia 930 hadir dengan design yang bisa dibilang "cantik" dan elegan. Hadir dengan bingkai alumunium yang solid membuat Nokia Lumia 930 ini sebagai smartphone yang solid, kokoh, nyaman dan mantap untuk digenggam.



Secara keseluruhan, bentuk Nokia Lumia 930 ini adalah kotak dengan sudut-sudut "rounded". Nokia Lumia 930 hadir dengan cover belakang yang tidak bisa dilepas (unibody) dengan bodi belakang yang terbuat  dari bahan polikarbonat.



Layar Nokia Lumia 930 ini menggunakan "curved glass" atau sedikit melengkung di bagian pinggit layar yang juga sudah pernah dipakai di Nokia Lumia seri lainnya seperti Nokia Lumia 920. Layar "curved glass" dengan ukuran 5" ini akan menambah tampilan Nokia Lumia 930 semakin menawan dan terlihat mahal. Hmm, memang mahal sih sebenernya :).

Di sisi kanan, Nokia Lumia 930 mempunyai 3 tombol yang masing-masing berfungsi sebagai tombol volume, tombol kunci dan tombol kamera. Di bagian bawah terdapat port USB yang bisa kamu gunakan untuk menyambungkan Nokia Lumia 930 ke PC/laptop dan untuk mengisi daya.

Tombol kamera

Tombol pengunci layar dan volume

Port USB


Di sisi kiri, tidak terdapat tombol apapun, sama seperti Nokia Lumia lainnya. Di bagian atas terdapat "tray" atau slot untuk memasukkan SIM Card dan port 3.5mm untuk headset. Nokia Lumia 930 juga sudah memakai SIM Card nano. Maka dari itu, kamu harus memotong SIM Card kamu agar bisa digunakan bersama Nokia Lumia 930.

Sisi kiri bawah Nokia Lumia 930

Tray kartu SIM

Nokia Lumia 930 menggunakan nano SIM Card


Pada bagian belakang, terdapat kamera utama beserta dual LED flash dan lubang suara berbentuk lonjong di belakang kanan bawah. Di bagian depan terdapat logo Nokia di kanan atas, kamera depan, sensor cahaya dan proximity dan juga speaker untuk mendengarkan suara telepon masuk.

Bagian belakang Nokia Lumia 930

Kamera 20 Mpx Zeis Lens+PureView, Dual LED Flash


Built-in speaker Nokia Lumia 930

Tampak depan Nokia Lumia 930

Layar
Nokia Lumia 930 mempunyai ukuran layar 5" didukung dengan resolusi layar full HD (1.920x1.080), TrueColor 24 bit 16 juta warna yang akan menyuguhkan tampilan warna yang bagus terlebih kerapatan piksel layarnya sudah mencapai 441 ppi, sedikit jauh meninggalkan iPhone 6 plus yang hanya mempunyai kerapatan piksel 401 ppi.

Dengan didukung fitur-fitur di atas ditambah teknologi layar ClearBlack, OLED dan sentuhan super sensitif, layar Nokia Lumia 930 ini sudah mampu memberikan pengalaman multimedia yang baik. Untuk bermain game layar Nokia Lumia 930 ini sangat enak dipandang.



Oiya layar Nokia Lumia 930 ini sudah memakai Corning® Gorilla® Glass 3. Jadi daya tahan layarnya sudah cukup kuat.

Performa
Nokia Lumia 930 didukung banyak hardware yang mumpuni. Sebut saja prosesor quad-core SnapDragon 800 2.3 Ghz, RAM sebesar 2 GB dan memori internal untuk penyimpanan masal sebesar 32GB.

Dalam pemakaian 1 hari full, kami belum pernah menemui kendala dalam membuka setiap aplikasi dan game-game berat. Kamu bisa lupain kata-kata "ngelag" jika pakai Nokia Lumia 930 ini :).

Kecepatan dalam membuka dan memproses aplikasi pun dirasa jauh lebih cepat dibanding dengan Nokia Lumia 1020 yang juga memakai RAM 2GB. Ya ini dapat dimaklumi karena Nokia Lumia 930 sudah memakai prosesor quad-core sedangkan Nokia Lumia 1020 masih dual-core. Jadi peran prosesor di sini juga sangat berpengaruh plus didukung dengan performa Windows Phone 8.1 dengan Lumia Cyan yang memang responsif dan efisien.


Pada saat menjalankan aplikasi Waze dan HERE Maps, browsing peta terasa sangat enteng, terlebih di HERE Maps, enteng banget !! Untuk sektor game, kami mencoba memainkan game Asphalt 8: Airborne. Performa yang dirasakan adalah ya lagi lagi lebih cepat, tanpa lag dan warna dari game tersebut terlihat lebih tajam dan berwarna.

Bisa dibilang, performa Nokia Lumia 930 ini bisa untuk diajak kerja, kerja, kerja karena eksekusinya dan kinerjanya terbilang cepat, cepat dan cepat. :).


Kamera
20 Megapiksel, inilah kata kunci di sektor kamera Nokia Lumia 930. Memang sih, ukuran piksel bukan menjadi acuan akan bagusnya hasil tangkapan sebuah kamera. Bagaimana dengan Nokia Lumia 930?

Nokia Lumia 930 sudah didukung dengan fitur-fitur mumpuni lainnya di sektor ini. Sebagai contoh adalah fokus otomatis, optik 6 lensa, stabilisasi gambar optik, ukuran sensor sebesar 1/2.5 inci, apertur f/2,4 dan teknologi PureView Nokia yang sudah lama teruji kualitasnya.

Untuk aplikasi foto, kamu ga usah khawatir, kamu bisa memakai aplikasi "Lumia Camera" yang mempunyai banyak fitur apalagi nanti setelah mendapatkan update software Lumia Denim, dijamin foto-foto pakai Nokia Lumia 930 bakal lebih menyenangkan.

Pada kali ini, kami belum membandingkan hasil foto Nokia Lumia 930 dengan smartphone lainnya, namun kamu bisa melihat beberapa hasil kamera Nokia Lumia 930 di bawah ini:


Bisa dilihat dari hasil beberapa foto di atas, untuk siang hari dan di luar ruangan Nokia Lumia 930 menghasilkan foto dengan komposisi warna yang natural mirip dengan hasil kamera Nokia kelas atas kebanyakan.

Untuk hasil malam hari di dalam ruangan dengan penerangan lampu yang cukup, hasil foto Nokia Lumia 930 terlihat sedikit kurang tajam, kurang kontras dan sedikit keputihan (foto no. 1-3). Hasil foto di dalam ruangan pada pagi hari seperti di foto no.5 hasilnya cukup bagus dengan warna yang pas seperti objek aslinya.

First Impression
"Lumia 930 memiliki dimensi yang cukup pas untuk digunakan dengan satu tangan. Mungkin untuk beberapa orang yang memiliki telapak tangan kecil, akan sedikit mengalami kesulitan untuk meraih sudut layar tertentu saat mengoperasikannya, seperti membuka notification centre. 
Menggunakan frame aluminium, Lumia 930 terlihat sangat kokoh dan berkelas. Bagian belakangnya berbentuk sedikit cembung, sehingga dapat menambah grip saat digenggam dan menambah kenyamanan di telapak tangan. Dengan paduan bahan polikarbonat doff pada bagian belakang, Lumia 930 cukup tahan dari sidik jari berlebih, sehingga tetap terlihat bersih. 
Lumia 930 menggunakan layar OLED ClearBlack berukuran 5" dengan resolusi Full HD. Warna yang dihasilkan cukup menyala dan berwarna. Tentu, jika kamu tidak terlalu suka, kamu dapat mengatur reproduksi warna layar melalui Lumia color profile. Layarnya cukup tajam dan terasa sangat responsif. Mungkin dikarenakan Lumia 930 menggunakan processor yang cukup jauh lebih cepat dari pendahulunya, yaitu Snapdragon 800 Quad-core 2.3GHz. Peningkatan kecepatan tidak terlalu terasa saat scroll di dalam aplikasi. Yang sangat terasa adalah saat membuka aplikasi, berpindah aplikasi (multitask), termasuk saat mengambil foto. Semua aplikasi yang perlu proses menunggu di Nokia Lumia 925, Lumia 1020 dan Lumia dengan processor sama, akan terasa jauh lebih cepat bahkan instan di Lumia 930."
"Baru megang 1 hari Nokia Lumia 930 dan dipakai menjadi smartphone utama, pengalaman yang sudah dirasakan adalah performanya yang cepat dan smooth. Kualitas frame alumuniumnya dipadukan dengan bahan polikarbonat memang membuat Nokia Lumia 930 ini tampak berkelas dan solid. 
Tidak ada kendala sama sekali dalam membuka aplikasi multimedia, aplikasi office, game dan tentunya aplikasi navigasi, semua cepat dan lancar. Namun dalam pemakaian yang "heavy", masih akan terasa sedikit panas di bagian bawah Nokia Lumia 930, terlebih jika koneksi Internetnya sedang tidak baik/tidak stabil. What you pay is what you get, dengan harga 7 jutaan, kamu sudah bisa membawa pulang Nokia Lumia 930 yang saya bilang smartphone powerful dan berkualitas dari Nokia/Microsoft Devices. Akan lebih sempurna lagi jika berbagai aplikasi dan game populer yang belum ada di Windows Phone akan segera tersedia."
"Batre standby lebih lama, cepet panas kalo hectic di apps tertentu, layarnya superb walo cuma 1080p, tapi pas brightnessnya berkurang tone color hitamnya berubah agak ungu, spekernya kenceng dan jernih. Hasil kameranya menurut gw pas, ga terlalu vivid tapi pas lowlight agak over brightness gw harus setting manual diafragmanya, hasil videonya bagus terlebih suaranya, nonton konser bener ga ada noise dan ada efek 3D soundnya, kualitas gambar videonya biasa aja tapi dibanding competitor. Kamera depannya lumayan lah, tapi kadang kalo ada cahaya lampu kadang ada glare ungu di hasil kameranya. Usabilitynya bagus, batre ga boros2 amat, performa oke, design keren dengan frame Metallic dan ga terlalu tipis, keliatan hp premium.
*ga terlalu tipis dan ga terlalu besar, jadi enak megangnya"

So, tertarik membeli Nokia Lumia 930? Kamu bisa membeli Nokia Lumia 930 mulai hari ini, 1 Nov 2014 di Nokia Store dan Nokia Store Partner di seluruh Indonesia di harga IDR 7.249.000 sebelum dikurangi promo dan bonus (jika ada). Cheers !!

 Lihat Juga

Pos populer dari blog ini

Belanja Aplikasi di Nokia Ovi Store

Nokia Ovi Store adalah layanan toko/kios aplikasi dari Nokia. Nokia Ovi Store menyediakan berbagai macam konten (aplikasi,games,themes,wallpaper hingga ringtones) untuk di unduh secara gratis ataupun berbayar. 
Ada 2 cara/sistem untuk membeli aplikasi di Nokia Ovi Store yaitu dengan sistem memotong pulsa dan Credit Card.
Bagi pengguna Nokia di Indonesia, Pembelian aplikasi di Nokia Ovi Store sangat mudah dengan adanya sistem pemotongan pulsa. Setelah bekerja sama dengan Telkomsel, Nokia Indonesia beberapa minggu lalu melakukan kerja sama dengan Indosat dan XL Axiata untuk sistem pemotongan pulsa. Dengan adanya kerja sama dengan Telkomsel, Indosat dan XL Axiata, berarti seluruh pelanggan dari 3 Provider tersebut dapat melakukan pembelian konten di Nokia Ovi Store dengan sistem pemotongan pulsa.

Ubah Home Screen Nokia X Kamu dengan Aplikasi "Madina Launcher" dari @MadinaTech !!

Jika kamu pengguna Nokia X dan ingin mengubah tampilan home screen dan tampilan menu utama Nokia X kamu menjadi seperti Android di smartphone Samsung, kamu bisa dengan mudah melakukannya dengan aplikasi "Madina Launcher".

Tips & Trick: Flash (Install Ulang Software) Nokia X Dengan Nokia Care Suite

Ingin me-refresh Nokia X kembali seperti semula? Malas untuk unroot dan menghapus file sistem yang sudah di-edit sebelumnya? Atau sudah root, lalu update software dan lupa un-root hingga tidak bisa install dan format ulang? Kamu dapat menggunakan Nokia Care Suite, software untuk flashing Nokia X.