Subcribe to our RSS feeds Join Us on Facebook Follow us on Twitter

15 Nov 2014

Layanan Nokia Sync Akan Segera Ditutup - Amankan Datamu Sekarang

(Sumber: expertreviews)

Apakah kamu pengguna smartphone Nokia Symbian/S40/MeeGo (N9) dan menggunakan akun Nokia untuk sinkron/menyimpan data seperti kontak, kalender dan catatan? Jika iya, segera pindahkan datamu sekarang, karena layanan Nokia Sync akan segera ditutup.

Setelah Microsoft resmi mengakuisisi divisi smartphone dan mobile phone dari Nokia, Nokia memutuskan untuk memberhentikan layanan Nokia Sync, layanan yang telah digunakan untuk hampis semua ponsel Nokia sebelum adanya Nokia Lumia Windows Phone. Layanan ini akan resmi ditutup pada tanggal 5 Desember 2014.

Beruntung, pihak Nokia/Microsoft memberi opsi mudah untuk menyelamatkan data yang ada di Nokia Sync. Ada dua pilihan: Export & Migrate. Opsi Export bisa kamu pilih jika hanya ingin mengambil data di Nokia Sync untuk disimpan/digunakan untuk keperluan lain. Sedangkan opsi Migrate bisa kamu pilih jika ingin memindahkan semua data ke layanan Microsoft, seperti Outlook dan OneNote. Berikut caranya:
  1. Masuk ke http://exportcontacts.ovi.com
  2. Login menggunakan akun Nokia/Ovi yang kamu gunakan untuk simpan data
  3. Pilih opsi Export untuk mengambil data, atau opsi Migrate untuk memindahkan data ke layanan Microsoft. Kamu akan dituntun untuk login ke akun Microsoft dan proses sinkron akan otomatis terjadi.
Jika kamu adalah pengguna Lumia Windows Phone/Nokia X family, opsi Migrate adalah opsi paling cocok agar data dari akun Nokia langsung ditambahkan ke akun Microsoftmu. Data yang ada di server Nokia Sync akan dihapus tepat 30 hari setelah tanggal 5 Desember. Walaupun begitu, pada tanggal 5 Desember nanti, kamu sudah tidak bisa mengakses data yang ada di Nokia Sync. Jadi, selamatkan data kamu sesegera mungkin ya.