Langsung ke konten utama

Bergaya Ala Xiaomi di Nokia X


Smartphone berbasis Android, Xiaomi baru saja secara resmi dijual di Indonesia minggu lalu. Selain berbasis Android, Xiaomi mempunyai tampilan antar muka yang khas, unik, simple dan menarik yang dinamakan "MIUI" dibaca "Me You I".

Jika kamu mempunyai smartphone Nokia berbasis Nokia X Platform yang saat ini sudah tersedia di Indonesia seperti Nokia X dan Nokia XL, kamu bisa nih memakai launcher "MIUI" di Nokia X/XL kamu agar tampilan antar muka dan home screen kamu menjadi mirip seperti "MIUI" dari Xiaomi.

Dengan memakai lancher ini, kamu akan mendapatkan tampilan yang sangat mirip dengan "MIUI" di mana kamu akan mendapatkan home screen yang sangat bisa dikustomisasi, menambahkan berbagai macam widget dan sebagainya.


Di home screen "MIUI" kamu akan menemukan 4 ikon aplikasi yang sering kamu gunakan dan 4 home screen yang bisa di geser ke kanan dan kiri. Oiya, laucnher "MIUI" ini akan menampilkan semua icon aplikasi di home screen kamu. Jadi tidak ada lagi list aplikasi (app drawer) seperti di Nokia X Platform dan Android kebanyakan. Jika kamu ingin mengelompokkan beberapa aplikasi, kamu bisa membuat folder yang berisikan aplikasi sejenis yang termasuk dalam 1 kategori di home screen tersebut.


Di home screen, kamu juga dapat menambahkan berbagai macam widget khas "MIUI" seperti jam, cuaca, toggle dan banyak lagi lainnnya yang bisa ditemukan di market.


Bukan hanya home screen saja yang berubah, perubahan lainnya jika kamu menggunakan launcher "MIUI" ini adalah tampilan messaging, dialler dan buku telepon pun juga ikut berubah mengikuti tampilan ala "MIUI". 


Bagaimana dengan lockscreen? Launcher "MIUI" ini juga membawa lockscreen khas yang akan menggantikan lockcreen bawaan Nokia X platform. Di lockscreen ini kamu akan menemukan jam di kiri atas. Untuk membuka lockscreen tersebut, kamu cukup menyentuh dan menarik layar ke atas. Setelah berhasil di unlock, maka ada tone singkat yang menandakan kamu sudah melakukan unlock. Cukup menarik ya?


Untuk dapat menggunakan launcher "MIUI" ini, kamu cukup mengikuti beberapa langkah di bawah ini:
  1. Download launcher "MIUI Express" di sini.
  2. Usahakan download langsung dari browser bawaan Nokia X/XL
  3. Tunggu hingga proses download selesai, kemudian lihat file nya di menu download di homescreen Nokia X/XL kamu.
  4. Lakukan proses instalasi.
  5. Jika sudah selesai, cari dan jalankan launcher "MIUI Express" dari homescreen Nokia X/XL.
  6. Selesai, enjoy tampilan khas ala Xiaomi.

Dengan memakai launcher ini, kamu tidak akan mempunyai akses ke fastlane Nokia X/XL untuk melihat status dan notifikasi. Jika kamu ingin kembali ke launcher Nokia X/XL, kamu hanya harus mencari ikon aplikasi nokia di list aplikasi di Launcher "MIUI" ini.

Tertarik menggunakannya? Download aja file launchernya dan bagikan komentar & pengalaman kamu menggunakan launcher "MIUI" ini di kolom komentar di bawah ya.

Cheersss !!