Subcribe to our RSS feeds Join Us on Facebook Follow us on Twitter

5 Agt 2014

Review Windows Phone 8.1 Update 1 Developer Preview


Kemarin (4/8), Microsoft secara resmi merilis Windows Phone 8.1 Update 1 untuk pengguna Preview for Developers. Update pertama pada Windows Phone 8.1 ini membawa cukup banyak fitur baru, dan kami telah menggunakannya selama beberapa jam. Apa saja yang baru?

Live Folders
Dimulai dari yang paling ditunggu-tunggu oleh pengguna, yaitu Live Folders. Dengan Live Folders, kamu dapat membuat satu tile berisi beberapa tile aplikasi, yang nantinya masing-masing tile yang ada dalam folder akan tetap terupdate informasinya (maka dari itu disebut "live"). Tile untuk folder tersedia dalam tiga ukuran, dan support tile transparan.


Respon untuk membuka folder cukup cepat, dan efek transisi sangat halus. Cara membuatnya juga cukup mudah. Tinggal tindih tile yang ingin kamu jadikan satu dalam folder, maka kedua tile tersebut akan ada dalam satu folder, dan kamu bisa menamai folder tersebut. Berikut video preview dan cara membuat Live Folders di Windows Phone 8.1 Update 1:


Cortana untuk China dan UK
Selain Live Folders, fitur utama yang diperbarui adalah dukungan Cortana untuk wilayah China, India, Australia dan Canada. Cortana untuk wilayah China tersedia dalam versi Beta, sedangkan lainnya dalam bentuk Alpha. Penyempurnaan Cortana ini tidak terlalu berdampak bagi kamu pengguna dengan bahasa utama Bahasa Indonesia. Namun jika memang aksen bahasa Inggris kamu lebih ke UK daripada US (dan lebih memilih untuk menampilkan informasi cuaca dalam bentuk celcius daripada fahrenheit), kamu dapat memilih untuk menggunakan Cortana dengan region UK Australia. Ganti region di Settings - phone update, dan Speech language di Settings - speech.

Pembaruan Internet Explorer 11
Internet Explorer 11 di Windows Phone 8.1 Update 1 juga ikut diperbarui, dengan ratusan pembenahan di "balik layar". Perbedaan yang paling menonjol adalah saat mengakses beberapa websiter dengan mobile view, seperti Twitter dan New York Times. Browser detection pada IE11 di Windows Phone 8.1 telah diperbarui, sehingga tampilan halaman web mobile tidak lagi hanya teks sederhana seperti di Twitter, atau malah membuka tampilan desktop yang terjadi pada halaman web New York Times. Lihat perbedaanya pada screenshot berikut.

Tampilan Mobile Site Twitter dan NYTimes di IE11 Windows Phone 8.1 Update 1
(Kiri-Kanan): Tampilan di Windows Phone 8.1 dan Windows Phone 8.1 Update 1

Apps Corner
Apps Corner adalah Kids Corner dengan kustomisasi lebih dalam. Fungsi dasarnya hampir sama, yaitu untuk membatasi penggunaan aplikasi yang ada pada Nokia Lumia kamu. Dengan Apps Corner, selain membatasi jumlah aplikasi, kamu juga dapat menonaktifkan Action Center dan Settings, bahkan tombol-tombol seperti tombol kamera, back, Windows, search dan lainnya. Tujuannya agar Nokia Lumia kamu dapat fokus menampilkan aplikasi yang ingin kamu jadikan spotlight.


Fitur ini sangat pas dalam beberapa kondisi, seperti saat Nokia Lumia dijadikan display pada suatu toko untuk menampilkan aplikasi tertentu. Atau kondisi lain seperti saat kamu ingin meminjamkan Nokia Lumia kepada kerabat, namun hanya untuk fungsi kamera. Beri daftar aplikasi penunjang fitur kamera, nonaktifkan Settings, Action Center dan tombol search, dan Lumia kamu akan berfungsi seolah sebagai kamera digital. Untuk keluar dari Apps Corner, tahan tombol power lalu geser ke kanan.


Pembaruan Fitur Lainnya
Selain yang kami sebutkan di atas, fitur-fitur kecil lain juga turut diperbarui agar lebih maksimal. Pada menu Internet Sharing, kini kamu dapat memilih untuk memancarkan koneksi internet lewat Wifi atau Bluetooth. VPN kini support profil tipe L2TP dengan IPSec. Dan pada Settings, kamu juga dapat menemukan menu "accessory apps". Ini nantinya berfungsi untuk mengendalikan notifikasi pada aksesoris seperti smartwatch. Beberapa waktu lalu, aksesori olahraga FitBit telah resmi didukung di Windows Phone. Semoga dengan adanya accessory apps, aksesori lain seperti Pebble Smartwatch dapat segera kompatibel untuk pengguna Nokia Lumia Windows Phone 8.1 ya.


Di Windows Phone 8.1 Update 1, kamu juga dapat menandai beberapa chat yang ada dalam satu percakapan di Perpesanan. Setelah ditandai, kamu dapat membuat pesan baru, atau menghapusnya. Selain itu, Alarm di Update 1 kini memiliki opsi untuk memilih jeda waktu Snooze.


Windows Phone Store Live Tiles


Dengan Windows Phone 8.1 Update 1, tile Windows Phone Store dapat mengupdate daftar aplikasi baru atau aplikasi yang direkomendasi. Tile akan diperbarui setiap 6 jam, dan jika kamu ingin agar tile hanya diupdate melalui Wifi, atau ingin menonaktifkannya, buka Store - Settings, scroll ke bawah dan nonatifkan kedua opsi live tile.

Dan masih banyak lagi:
  • Dukungan untuk Smart Cover seperti pada Samsung Galaxy S5 dan LG G3
  • Dukungan resolusi baru; qHD (960x540) dan 1280x800 (untuk dimensi layar 7")
  • Xbox Music Update dengan live tiles
  • Dukungan audio APTx untuk kualitas audio lebih baik lewat koneksi Bluetooth
  • CDMS + GSM Dual-SIM support
  • Membuka dokumen yang terlindungi oleh password
  • Penggunaan SD Card untuk update software (memungkinkan Lumia dengan memori internal rendah menyimpan file software update ke SD Card agar dapat update tanpa peringatan memori kurang mencukupi)
  • High voltage charging support (dukungan untuk charge lebih cepat, tersedia untuk Nokia Lumia dengan processor Snapdragon 800 ke-atas yang sudah memiliki standar Qualcomm Quickcharge 2.0)

Secara keseluruhan, Windows Phone 8.1 Update 1 cukup menarik, dengan beberapa fitur baru dan fitur unggulan seperti Live Folders. Performa di Nokia Lumia 1020 juga sama dengan Windows Phone 8.1 sebelumnya, bahkan beberapa pengguna Update 1 melaporkan ke WPCentral jika versi ini sedikit lebih cepat daripada sebelumnya. Update 1 ini masih versi awal, dan mungkin akan ada beberapa kali penyempurnaan versi hingga akhirnya dirilis resmi dalam waktu beberapa bulan kedepan. Kami tidak sepenuhnya menyarankan bagi kamu pengguna Lumia Cyan untuk mencoba Update 1 Developer Preview ini. Namun jika kamu memang ingin mencoba fitur-fitur baru yang ada (dan segala resiko dari versi Developer Preview yang belum 100% sempurna), Update 1 ini layak untuk dicoba.


Sumber: nokianesia, WPCentral (1,2), WMPowerUser (1,2)