Langsung ke konten utama

Unboxing Nokia Lumia 630 Dual SIM - Nokia Lumia Pertama Dengan Windows Phone 8.1


Nokia Lumia 630 versi Dual SIM sudah resmi dipasarkan di Indonesia mulai minggu ini setelah sebelumnya melalui proses Pre-Order di sejumlah website belanja online.

Bagi kamu yang ingin membeli Nokia Lumia 630 Dual SIM atau penasaran dengan bentuk & design dari Nokia Lumia 630 Dual-SIM, kamu bisa lihat di artikel Unboxing ini dengan lengkap.

Nokia Lumia 630 Dual SIM merupakan Nokia Lumia pertama yang memakai Windows Phone 8.1 atau yang lebih dikenal sebagai "Lumia Cyan" dikalangan pengguna Nokia Lumia dan sekaligus menjadikan Nokia Lumia pertama yang memakai prosesor Snapdragon 400 Quad-core 1,2 GHz.

Isi Kotak
Nokia Lumia 630 Dual SIM hadir dalam "packaging" baru meninggalkan "packaging" khas Nokia yang berwarna biru. Kini, kotak Nokia Lumia 630 Dual SIM hadir dengan kotak berwarna dasar putih dengan gambar Nokia Lumia 630.



Isi paket dari Nokia Lumia 630 Dual-SIM ini tergolong standar dan sederhana. Di dalam kotaknya kamu akan mendapatkan 1 Nokia Lumia 630 Dual-SIM, Nokia Batrei BL-5H berkapasitas 1830 mAH, buku panduan singkat, kartu garansi, headset Nokia WH-108, Nokia charger serta kartu perdana Indosat Mentari yang didalamnya ada bonus Internet, suara dan sms. Dalam paket ini, Nokia/Microsoft Mobile tidak menyertakan kabel USB untuk transfer data ke PC/Laptop.



Design
Nokia Lumia 630 Dual SIM mempunyai ukuran panjang 129,5mm, lebar 66,7mm dan ketebalan 9,2mm jauh lebih besar jika dibandingkan Nokia Lumia 620. Hampir sama dengan Nokia Lumia 620, Nokia Lumia 630 Dual-SIM mempunyai bentuk yang membulat di setiap sisi ujungnya.




Pada sisi samping kanan, kamu akan menjumpai 3 tombol yaitu tombol volume naik dan turun serta 1 tombol pengunci layar. Sayangnya Nokia Lumia 630 Dual SIM tidak mempunyai tombol khusus untuk mengambil foto seperti di Nokia Lumia lainnya. Jadi jika kamu ingin mengambil foto, kamu bisa mengandalkan tombol yang ada di layar.



Di bagian sisi kiri Nokia Lumia 630 Dual SIM tidak terdapat tombol apapun. Di bagian bawah kamu bisa menemui 1 USB Port yang dapat digunakan untuk charging dan transfer data. Di bagian atas terdapat port audio 3.5mm untuk handsfree/headset.


Pada bagian layar, Nokia Lumia 630 Dual SIM dipersenjatai dengan ukuran layar 4.5 ", sama dengan ukuran layar Nokia Lumia 1020. Layar ini diperkuat dengan Corning® Gorilla® Glass 3, Lumia Color Profile dan teknologi Nokia Clear Black Display yang akan memanjakan mata kamu selagi melihat layar di bawah terik matahari. Terdapat juga on-screen navigation yang berisi tombol kembali, logo windows dan tombol cari.


Di bagian belakang, terdapat kamera utama yang memiliki kekuatan 5 megapiksel auto focus serta memiliki pembesaran digital sebesar 4 kali. Tidak terdapat lampu flash di kamera utama Nokia Lumia 630 Dual SIM ini. Ketidakhadiran lampu flash ini mungkin karena Nokia Lumia 630 Dual SIM akan menyasar kelas menengah ke bawah dan juga mengingat harganya yang tidak mahal.


Pada sisi bagian dalam, kamu akan menemui beberapa slot yang masing-masing adalah 1 slot untuk kartu SIM utama, 1 Slot untuk kartu SIM kedua dan slot Micro SD yang bisa digunakan untuk menambah kapasitas penyimpanan data hingga 128 GB.



Batrei
Nokia Lumia 630 Dual SIM mempunyai batrei berkapasitas 1830 mAH. Kapasitas sebesar 1830 mAH ini bertujuan untuk memberikan daya lebih dalam pemakaian sehari-hari mengingat prosesor nya sudah quad-core yang mungkin akan lebih banyak memakan daya batrei. @nokianesia belum melakukan test lebih lanjut mengenai performa batrei ini.



Lumia Cyan
Sebagai Nokia Lumia pertama yang memakai sistem operasi Windows Phone 8.1 atau Lumia Cyan, Nokia Lumia 630 Dual SIM membawa fitur-fitur baru Windows Phone 8.1 dan Lumia Cyan diantaranya adalah Gameloft Game Hub, pengaturan manual untuk tingkat kecerahan layar, pengaturan navigation bar (khusus on-screen navigation bar) yang dapat dirubah warnanya, pengaturan fungsi dual SIM (khusus dual SIM), pengaturan USB, motion data untuk mengatur koleksi data, Lumia Color Profile dan device hub.



Performa & Kesimpulan
Selama 1x24 jam kami menggunakan Nokia Lumia 630 Dual SIM dengan berbagai aplikasi yang sudah terinstall dan menggunakan Nokia Lumia 520, hal utama yang kami merasakan Nokia Lumia 630 Dual-SIM lebih cepat dalam mengeksekusi berbagai tugas seperti membuka aplikasi, bersosial media, email, sms, dsb dibanding dengan Nokia Lumia 520. Didukung dengan layar yang bagus serta dukungan Windows Phone 8.1, Nokia Lumia 630 Dual SIM seharga IDR 1.999.000 terasa pas dengan apa yang kita dapatkan dari semua fitur di Nokia Lumia 630 Dual SIM.



Hanya saja ketersediaan aplikasi dan game favorit yang masih jauh lebih sedikit dari iOS dan Android menjadi  nilai negatif dari Nokia Lumia 630 Dual SIM ini atau bahkan nilai negatif untuk semua Nokia Lumia. Terlepas dari itu, Nokia Lumia 630 Dual SIM layak kamu miliki jika kamu menginginkan fitur Dual SIM, Windows Phone 8.1, prosesor quad-core, berbagai layanan Nokia & Microsoft seperti HERE Maps, HERE Drive, OneDrive dan banyak lainnya.



Pos populer dari blog ini

Belanja Aplikasi di Nokia Ovi Store

Nokia Ovi Store adalah layanan toko/kios aplikasi dari Nokia. Nokia Ovi Store menyediakan berbagai macam konten (aplikasi,games,themes,wallpaper hingga ringtones) untuk di unduh secara gratis ataupun berbayar. 
Ada 2 cara/sistem untuk membeli aplikasi di Nokia Ovi Store yaitu dengan sistem memotong pulsa dan Credit Card.
Bagi pengguna Nokia di Indonesia, Pembelian aplikasi di Nokia Ovi Store sangat mudah dengan adanya sistem pemotongan pulsa. Setelah bekerja sama dengan Telkomsel, Nokia Indonesia beberapa minggu lalu melakukan kerja sama dengan Indosat dan XL Axiata untuk sistem pemotongan pulsa. Dengan adanya kerja sama dengan Telkomsel, Indosat dan XL Axiata, berarti seluruh pelanggan dari 3 Provider tersebut dapat melakukan pembelian konten di Nokia Ovi Store dengan sistem pemotongan pulsa.

Ubah Home Screen Nokia X Kamu dengan Aplikasi "Madina Launcher" dari @MadinaTech !!

Jika kamu pengguna Nokia X dan ingin mengubah tampilan home screen dan tampilan menu utama Nokia X kamu menjadi seperti Android di smartphone Samsung, kamu bisa dengan mudah melakukannya dengan aplikasi "Madina Launcher".

Tips & Trick: Flash (Install Ulang Software) Nokia X Dengan Nokia Care Suite

Ingin me-refresh Nokia X kembali seperti semula? Malas untuk unroot dan menghapus file sistem yang sudah di-edit sebelumnya? Atau sudah root, lalu update software dan lupa un-root hingga tidak bisa install dan format ulang? Kamu dapat menggunakan Nokia Care Suite, software untuk flashing Nokia X.