Subcribe to our RSS feeds Join Us on Facebook Follow us on Twitter

16 Jul 2014

Tips & Trick: Root & Install Layanan Google Dengan Mudah di Nokia X & XL Lewat "Nokia X Manager"


Sebelumnya, kami sudah pernah membuat tutorial terpisah untuk root dan menginstall layanan Google untuk Nokia X. Namun tutorialnya memang lumayan susah, dan beberapa pengguna Nokia X dan XL dengan software terbaru melaporkan jika tidak bisa menerapkan metode tersebut. 

Kini, kamu dapat melakukan root dan install layanan Google dengan mudah lewat aplikasi desktop "Nokia X Manager"! 

Aplikasi ini dibuat oleh seorang pelajar asal Medan yang bernama Stanley. Dengan aplikasi ini, kamu dapat root, unroot, dan install layanan Google dengan mudah hanya dengan beberapa klik. Oh ya, lewat aplikasi ini, kamu tidak perlu root terlebih dahulu untuk install layanan Google. Bagaimana cara-caranya? 

Yang Perlu Diperhatikan 
  • Tutorial ini kami buat dengan fokus utama agar pengguna Nokia X dapat menggunakan akun Google untuk sinkron kontak, kalender dan pesan
  • Kami tidak sepenuhnya menyarankan untuk mendownload aplikasi lewat Play Store, karena tidak semua aplikasi di sana support dengan Nokia X
  • Support developer lokal, download aplikasi yang sudah pasti kompatibel dengan Nokia X lewat Nokia Store
  • Gunakan akses root dengan bijaksana
  • Root dapat merusak / menghilangkan garansi. Unroot terlebih dahulu sebelum update software
  • DWYOR (Do With Your Own Risk)! 

Persiapan 
  1. Download dan install Nokia X Manager versi terbaru di sini.
  2. Jika kamu menggunakan Windows selain 8 & 8.1, download dan install NET Framework 4 di link di atas.
  3. Jalankan Nokia X Manager dan tancapkan Nokia X lewat USB (Pastikan USB Debugging yang ada di Settings - Developer Options telah aktif).
  4. Nokia Xmu akan terdeteksi secara otomatis. Jika terdeteksi, kamu bisa langsung ke tahap Instalasi Root & Instalasi Layanan Google. Jika tidak, ikuti step 5-8. 
  5. Download Nokia X USB Driver di sini, lalu ekstrak menjadi satu folder. UPDATE: kalau driver pada link di atas tidak dapat diinstall, download di sini, ekstrak file zip menjadis satu folder.
  6. Buka Device Manager (bisa lewat Start - search "Device Manager"). Lalu klik "other devices", cari Nokia X - klik "Update driver software"
  7. Pilih "browser my computer for driver software" - lalu arahkan lokasi browse ke folder yang sudah di-ekstrak sebelumnya, lalu klik Next, tunggu hingga proses selesai. 
  8. Kembali buka Nokia X Manager, maka Nokia Xmu sudah tersambung (klik "Detect Device Manually jika masih belum tersambung).
Install Layanan Google
  1. Download GApps untuk Nokia X di sini - pilih yang paling atas "gapps-jb-20121011-signed.zip" (tidak perlu extract setelah selesai download)
  2. Klik "Install GApps" di Nokia X Manager, lalu akan muncul warning. Abaikan, dan arahkan ke file .zip GApps yang sudah kamu download pada step no. 2
  3. Setelah itu, Nokia X Manager akan lag / freeze, ini normal, tunggu beberapa detik
  4. Nokia X akan reboot secara otomatis dan masuk ke TWRP, di sini kamu install GApps yang tadi sudah kamu download. Caranya (perhatikan baik-baik ya): pilih Install - scroll ke bawah & cari file "NokiaX_GApps_Package.zip" - pilih - swipe to confirm flash - pilih "Wipe cache/dalvik" - swipe to wipe - back - pilih Reboot system.
  5. Akan muncul opsi untuk root sistem dengan SuperSU. Jika kamu tidak memerlukan root, pilih do not install & langsung ke step 7. Jika ingin sekalian root, pilih swipe to install.
  6. Kalau Nokia X-mu menampilkan layar seperti kesemutan, cabut baterai, pasang dan nyalakan kembali. Buka Fastlane, dan akan ada notifikasi jika SuperSU belum terinstall dengan benar. Sentuh notifikasinya, dan kamu akan dituntun untuk install SuperSU. Juga bisa kalau kamu update dulu aplikasi SuperSUnya lewat Play Store (tentunya setelah login Google Account).
  7. Nokia X akan reboot dan upgrading. Setelah masuk ke menu, Play Store & Google Settings tidak langsung muncul karena sedang proses install. Tunggu beberapa menit dan Play Store akan muncul sendiri.
  8. Selesai. Kamu bisa sign-in ke Google Account lewat Settings - Add Account. Jika kamu membutuhkan GMail, Google Calendar dan lainnya, kamu bisa download lewat Play Store.
  9. Tambahan: Jika kamu menemukan notifikasi "Google Calendar Sync has stopped", abaikan saja. Kalau merasa terganggu, download Google Calendar lewat Play Store, lalu restart Nokia X.
Instalasi Root
  1. Pilih "Root Device" pada Nokia X Manager
  2. Nokia X Manager akan mengirim file SuperSU ke Nokia X dan Nokia X akan reboot ke TWRP. Sama seperti step nomor 4 di atas (perhatikan baik-baik): pilih Install - cari "UPDATE-SuperSU-v1.99r3.zip" - pilih - swipe to confirm flash - pilih "Wipe cache/dalvik" - swipe to wipe - Reboot System.
  3. Kalau Nokia X-mu freeze, itu normal. Cabut baterai, tancapkan dan nyalakan kembali.
  4. Nokia X sudah berhasil di-root. Untuk cek / masuk ke SuperSU, tulis/ cari "SuperSU"lewat Search di menu paling atas, atau dial *#*#1234#*#*.
Unroot Nokia X
  1. Masuk ke SuperSU dengan cara sama seperti di atas, yaitu lewat Search dan ketik "SuperSU", atau dial *#*#1234#*#*.
  2. Masuk ke tab "Settings"- scroll ke bawah - pilih "Full Unroot" - Confirm, lalu restart Nokia X.
Menghapus Layanan Google
  • Jika ingin menghapus layanan Google, kamu harus menginstall ulang software Nokia X kamu. Ikuti cara install ulang Nokia X lewat Nokia Care Suite di sini.


Mudah, bukan? Jika kamu mengalami masalah dengan mengikuti tutorial ini, kabari kami lewat mention ke Twitter di @nokianesia. Tutorial ini kami buat dan berhasil diterapkan di Nokia X dengan firmwater terbaru. Jika kamu mengalami masalah saat menggunakan aplikasi Nokia X Manager, hubungi pembuat aplikasi di @AngSanley. Selamat mencoba!