Langsung ke konten utama

Tips & Trick: Mengatasi Bug "Aplikasi Tidak Muncul di List Aplikasi" Nokia Lumia WP 8.1 Preview for Developer


Bagi kamu pengguna Nokia Lumia yang sudah memakai sistem operasi Windows Phone 8.1 Preview for Developer, kamu sudah dapat menginstall aplikasi ke SD-Card.

Namun, terkadang muncul bug di mana aplikasi yang sudah kamu install ke SD-Card tidak muncul di list aplikasi di Nokia Lumia kamu.

Bug ini kemungkinan besar menimpa kamu yang menginstall aplikasi ke SD-Card. Bug ini pun ditemui oleh @nokianesia di Nokia Lumia 520 yang sudah memakai Windows Phone 8.1 Preview for Developer dan juga menginstall aplikasi di SD-Card.

Jika kamu menemui bug ini, bagaimana cara cepat untuk mengembalikan aplikasi yang hilang dari list aplikasi padahal statusnya sudah terinstall di Nokia Lumia kamu? Yang pertama kamu harus meng-uninstall aplikasi tersebut kemudian install kembali aplikasi tersebut dari Windows Phone Store.

Masalahnya adalah, bagaimana kita mau meng-uninstall suatu aplikasi namun aplikasi tersebut hilang dari list aplikasi dan juga tidak ada di "Storage Sense"? Tenang, kamu cukup ikuti beberapa langkah cepat di bawah ini:
  1. Unduh dan Install Aplikasi "URI" dari Windows Phone Store. Unduh di sini
  2. Kemudian buka aplikasi "URI", tinggalkan aplikasi tersebut dengan menekan tombol logo Windows agar aplikasi "URI" tetap berjalan di background.
  3. Rubah tahun di menu setting > date+time menjadi tahun 2116 ke atas.
  4. Jika sudah, masuk kembali ke aplikasi "URI" dengan menekan tombol "back" yang lama. (Masuk dari fitur multitasking).
  5. Kemudian isi nama aplikasi / short code dari aplikasi yang hilang. Misalkan ketik "WAP" untuk aplikasi UC Browser atau "Twitter" untuk aplikasi twitter atau "MetroTube" untuk aplikasi MetroTube, dsb.
  6. Jika sudah, tap/sentuk "Launch".
  7. Jika kamu benar dalam mengisi nama aplikasi / short codenya, maka akan muncul pesan "Problem with app". Jika eror ini muncul, maka langsung saja tap/sentuh pilihan "Uninstall".
  8. Selesai, kamu sudah berhasil melakukan uninstall aplikasi yang hilang tersebut.
  9. Kembalikan tahun ke tahun 2014.
  10. Unduh & install ulang aplikasi yang error tadi yang sudah di uninstall.



Cara ini sudah @nokianesia coba dan bekerja dengan baik ketika kami kehilangan aplikasi "Twitter" di Nokia Lumia 520 kami. So, selamat mencoba ya. Jika ada pertanyaan dan masukan mengenai bug ini bisa kamu sampaikan melalui kolom komentar di bawah.



Pos populer dari blog ini

Belanja Aplikasi di Nokia Ovi Store

Nokia Ovi Store adalah layanan toko/kios aplikasi dari Nokia. Nokia Ovi Store menyediakan berbagai macam konten (aplikasi,games,themes,wallpaper hingga ringtones) untuk di unduh secara gratis ataupun berbayar. 
Ada 2 cara/sistem untuk membeli aplikasi di Nokia Ovi Store yaitu dengan sistem memotong pulsa dan Credit Card.
Bagi pengguna Nokia di Indonesia, Pembelian aplikasi di Nokia Ovi Store sangat mudah dengan adanya sistem pemotongan pulsa. Setelah bekerja sama dengan Telkomsel, Nokia Indonesia beberapa minggu lalu melakukan kerja sama dengan Indosat dan XL Axiata untuk sistem pemotongan pulsa. Dengan adanya kerja sama dengan Telkomsel, Indosat dan XL Axiata, berarti seluruh pelanggan dari 3 Provider tersebut dapat melakukan pembelian konten di Nokia Ovi Store dengan sistem pemotongan pulsa.

Ubah Home Screen Nokia X Kamu dengan Aplikasi "Madina Launcher" dari @MadinaTech !!

Jika kamu pengguna Nokia X dan ingin mengubah tampilan home screen dan tampilan menu utama Nokia X kamu menjadi seperti Android di smartphone Samsung, kamu bisa dengan mudah melakukannya dengan aplikasi "Madina Launcher".

Tips & Trick: Flash (Install Ulang Software) Nokia X Dengan Nokia Care Suite

Ingin me-refresh Nokia X kembali seperti semula? Malas untuk unroot dan menghapus file sistem yang sudah di-edit sebelumnya? Atau sudah root, lalu update software dan lupa un-root hingga tidak bisa install dan format ulang? Kamu dapat menggunakan Nokia Care Suite, software untuk flashing Nokia X.