Langsung ke konten utama

TIps & Trick: Tiga Cara Utama Install Aplikasi ke Nokia X Platform


Seperti yang kita ketahui, keluarga Nokia X platform menggunakan sistem operasi Android dengan dasar dari Android Open Source Project (AOSP), yang kemudian dimodifikasi oleh Microsoft dan Nokia. Semua layanan Google dihilangkan di Nokia X. Lalu bagaimana dengan ketersediaan aplikasinya?

Walaupun tanpa Google Play Store, kamu masih bisa install dan menikmati ribuan aplikasi Android di Nokia X. Terdapat tiga cara utama untuk menginstall aplikasi Android di Nokia X. Berikut penjelasannya.

    1. Install Melalui Nokia Store
    Ini adalah cara yang paling mudah dan aman untuk menginstall aplikasi di Nokia X, karena sudah tersedia secara built-in. Jumlah aplikasi di Nokia Store memang masih sedikit, dan jauh dari jumlah aplikasi di Google Play Store. Tetapi semua aplikasi yang masuk ke Nokia Store, telah difilter terlebih dahulu agar bebas dari malware dan 100% kompatibel untuk Nokia X. Selain itu, aplikasi di Nokia Store dapat dibeli menggunakan pulsa operator. Plus terdapat fitur "try & Buy", dimana kamu dapat mencoba dulu aplikasinya sebelum memutuskan untuk membeli aplikasi tersebut.
   
    2. Install Melalui Toko Aplikasi Pihak Ketiga
    Kalau aplikasi di Nokia Store masih kurang banyak / aplikasi yang ingin kamu gunakan belum tersedia, kamu bisa download lewat toko aplikasi pihak ketiga, salah satunya adalah 1Mobile Market. Toko aplikasi ini dapat diinstall melalui Nokia Store. Di 1Mobile Market, jumlah aplikasi jauh lebih banyak daripada Nokia Store. Namun, tidak semua aplikasi kompatibel dengan Nokia X (kebanyakan karena tidak ada Google Play Services di Nokia X), dan tidak ada opsi pembayaran aplikasi pakai pulsa. Jadi, gunakan toko aplikasi pihak ketiga dengan hati-hati. Install aplikasi yang terpercaya saja (seperti Path, BBM dan sejenisnya).



    3. Sideload Melalui USB / MicroSD
    Selain kedua cara di atas, kamu juga dapat menginstall aplikasi yang dikirimkan ke Nokia X melalui kabel data USB / dicopy ke SD Card. Aplikasi berformat .apk dapat diinstall di Nokia X melalui Astro File Manager. Metode ini memiliki resiko yang kurang lebih sama dengan metode nomor dua, jadi hati-hati dalam sideload aplikasi, pilih untuk install aplikasi yang terpercaya dan jangan menginstall aplikasi bajakan.

Menginstall aplikasi lewat Nokia Store, 1Mobile Market, dan aplikasi yang sudah di-sideload lewat Asto File Manager

Ketiga cara di atas adalah tiga cara utama untuk install aplikasi Android di Nokia X Platform. Ingat, hindari install aplikasi bajakan, dan dukung developer dengan membeli aplikasi karya mereka. :).