Subcribe to our RSS feeds Join Us on Facebook Follow us on Twitter

24 Jun 2014

Nokia X Software Platform 2.0 - Apa Saja Perbedaannya?


Nokia X Software Platform 2.0 pertama kali dirilis bersamaan dengan dirilisnya Nokia X2, anggota keluarga terbaru Nokia X. Software terbaru ini mendatangkan banyak sekali fitur-fitur baru yang dapat meningkatkan user experience pada Nokia X2. Apa saja perbedaannya dari software yang sebelumnya ada di Nokia X?

"Pada Nokia X2, bagian layar awal telah disempurnakan. Jika sebelumnya hanya tersedia tiga deret tile, kini tersedia ruang untuk empat tile" ucap Timo Saari, Delivery Manager di Microsoft kepada tim Nokia Conversations. "Selain bagian layar awal dan Fastlane, kami sekarang turut menghadirkan App List". App List adalah list daftar lengkap aplikasi yang terinstall pada Nokia X2, sehingga di layar awal kamu hanya menampilkan aplikasi favorit saja. Kamu dapat menyentuh abjad yang tersedia untuk melompati abjad tertentu, sehingga tidak perlu scroll berulang kali.


"Selain tombol Back, kini kami memperkenalkan tombol Home untuk navigasi yang mudah. Kami juga membuat pengguna untuk bermultitask dengan mudah dan memiliki kontrol lebih dengan aplikasi mereka. Dengan menahan tombol Back, kamu mendapat akses ke Task Manager, yang menampilkan aplikasi yang sedang berjalan. Kamu juga dapat menutup aplikasi tersebut secara cepat", ujar Yannis Paniaras, Head of the Mobile Phones UX Design Studio Microsoft di Beijing.


"Bagian lain yang juga kami sempurnakan adalah virtual keyboard. Kami membuat ulang dari awal hingga berbeda total dari versi sebelumnya. Kini bekerja lebih baik dan terlihat lebih bagus", tambahnya. Ya, keyboard baru pada Nokia X2 kini semakin mirip dengan keyboard pada Nokia Lumia Windows Phone, dengan tombol individunya berbentuk persegi.


Tampilan baru juga ditemukan pada Fastlane dan Camera. Di Fastlane, terlihat perubahan secara minor untuk menampilkan notifikasi. Kini Fastlane turut menampilkan daftar aplikasi yang sering dibuka. Untuk kamera, tampilannya lebih fresh dan clean, dilengkapi fitur sentuh untuk fokus dan otomatis ambil foto. Untuk meluncurkan aplikasi kamera, kamu hanya perlu menggeser dari kanan ke kiri pada lock screen.



Control Panel (atau disebut Notification Centre pada Android umum) juga mengalami perubahan. Kini menyediakan lebih banyak pintasan untuk mengatur data, bluetooth, wifi, lokasi, juga untuk mengontrol kecerahan layar. Sentuh "notification" maka akan ditampilkan notifikasi dari masing-masing aplikasi, seperti Android pada umumnya. Dengan ini, pengguna Nokia X2 tidak perlu khawatir jika Fastlane hilang saat mengganti ke launcher lain dan kehilangan notifikasi penting.



Nokia X Software Platform tidak akan hadir untuk seri Nokia X, X+ dan XL karena limitasi hardware. Namun akan tetap mendapatkan software update lain musim panas ini (info lebih lanjut, klik di sini). Tertarik untuk membeli Nokia X2 dengan Nokia X Software Platform 2.0? Sayangnya belum ada tanggal dan bulan pasti kapan Nokia X2 hadir di Indonesia, jadi harap bersabar dulu. Belum tahu spesifikasi Nokia X2? Klik di sini.

(Sumber gambar: Nokia Press)