Langsung ke konten utama

Tips & Trick: Bernavigasi Menggunakan HERE Maps di Nokia X


Sedang berencana untuk berlibur ke suatu tempat, atau merayakan long weekend?

Buat kamu pengguna Nokia X yang membutuhkan petunjuk lokasi, HERE Maps siap membantu.

Dengan HERE Maps, pengguna Nokia X dapat melakukan navigasi secara offline, dan dengan petunjuk suara, sama seperti di Nokia Lumia Windows Phone. Bagi yang belum familiar dengan aplikasi navigasi dari Nokia ini, kami punya tips untuk menggunakan HERE Maps di Nokia X.

Persiapan Awal

Sebelum memulai, pastikan GPS / pendeteksi lokasi di Nokia X kamu aktif, dan sudah meng-update aplikasi HERE Maps ke versi terbaru. Untuk lokasi, kamu bisa ke Settings - Location - nyalakan "Access to your location". Untuk meng-update aplikasi HERE Maps, kamu bisa cari HERE Maps di Nokia Store, lalu tekan tombol update (jika memang belum muncul notifikasi update).

L to R: Update aplikasi di Nokia Store, mengaktifkan lokasi di Nokia X

Memulai HERE Maps

Pertama kali membuka aplikasi, akan ada opsi untuk sign-in. Jika kamu sudah pernah menggunakan Nokia HERE Maps sebelumnya, ini berfungsi untuk sinkron lokasi favorit. Tahap kedua adalah mendownload peta. Ini berguna agar nantinya kamu dapat melakukan navigasi secara offline, karena sudah mendownload peta sebelumnya. Pilih bagian benua, kemudian peta negara yang ingin kamu download.


L to R: Sign in ke Nokia Account, mendownload peta, mendownload peta negara

Setelah download peta, tap Continue. Tahap selanjutnya adalah mendownload suara untuk navigasi. Pilih sesuai kebutuhan, tersedia suara navigasi yang dengan / tidak menyebutkan nama jalan. Setelah mendownload suara navigasi, kamu harus memilih satu negara. Nantinya, navigasi turn-by-turn dengan suara akan hanya dapat digunakan di satu negara tersebut. Kamu tetap dapat menggunakan peta di negara lain, namun tanpa petunjuk suara (pilihan negara dapat diganti kembali saat Nokia X di-reset / format).


L to R: Peta yang sudah di-download, mendownload suara navigasi, memilih negara untuk navigasi dengan suara

Dalam tahap ini, kamu sudah dapat memulai navigasi dengan Nokia X. Ingin mencari lokasi yang dituju? Tulis alamat / venue di atas, kemudian HERE Maps akan menentukan lokasinya.




Pada foto kiri di atas, terlihat hasil pencarian venue "Tunjungan Plaza". Sentuh logo bintang biru untuk menyimpan venue sebagai favorit. Sentuh arah panah di tengah layar untuk memulai navigasi. Di foto kanan, adalah tampilan sesaat sebelum memulai navigasi. Jika ingin memilih metode navigasi antara menggunakan mobil, bis atau berjalan kaki, kamu bisa pilih dengan sentuh logo masing-masing di bagian atas layar. Jika sudah siap, sentuh Start.

Kamu juga dapat menyimpan lebih banyak peta negara ke memory card, melalui Settings - Storage memory - sentuh "Memory card". Untuk Drive Settings, kamu dapat mengatur speed limit agar Nokia X mengeluarkan suara warning saat kendaraan melebihi kecepatan tertentu. Route settings digunakan untuk memilih jalan seperti apa yang dihindari / dilewati.




Dengan mendownload peta lebih banyak, kamu dapat menghindari biaya internet jika sedang travelling ke luar negeri, karena navigasi di Nokia X dapat dijalankan secara offline. Cukup mudah, bukan? Selamat bernavigasi menggunakan Nokia X!