Subcribe to our RSS feeds Join Us on Facebook Follow us on Twitter

3 Apr 2014

Mengenal Lebih Dekat Dengan Cortana, Asisten Digital Paling Personal


Pernah memainkan serial game HALO? Kalau iya, mungkin kamu akan tidak asing untuk mendengar nama "Cortana".

Cortana adalah Personal Digital Assistant yang baru saja diperkenalkan oleh Joe Belfiore, VP of Windows Phone, Microsoft kemarin pada event BUILD 2014. Cortana dirancang untuk menjadi sebuah asisten pribadi, yang akan sangat mengerti kepada pengguna (Windows Phone 8.1).

Cortana pada serial game HALO (sumber: gamexeon)
Berbeda dengan Cortana pada game HALO, Cortana di Windows Phone 8.1 hanya berupa simbol lingkaran, yang akan bergerak saat sedang mencari dan memberi jawaban kepada penanya. Cortana dapat diakses menggunakan tombol Search, atau melalui live-tile yang sudah dipindahkan ke homescreen.


Gambar paling kiri di atas, adalah tampilan awal Cortana. Cortana akan menampilkan sapaan dengan nama, dan memberi contoh / saran pertanyaan. Sebagai informasi, sebelum pengguna menggunakan Cortana, Cortana akan meminta pengguna untuk memberikan dan menjawab beberapa pertanyaan dasar. Seperti hobi, interests dan lain-lain. Ini berfungsi agar Cortana dapat menjawab atau memberi saran yang pas dengan pengguna. Pengguna dapat menanyakan apapun ke Cortana melalui dua input; teks dan suara.

Gambar tengah adalah tampilan Cortana saat menjawab pertanyaan mengenai rencana perjalanan. Seperti asisten pribadi dalam kehidupan nyata, Cortana juga memiliki "Notebook" atau buku catatan. Pada Notebook, Cortana akan menyimpan segala informasi mengenai pengguna. Berita apa yang disukai, siapa anggota keluarga atau teman terdekat, lokasi rumah dan lokasi favorit, dan lain-lain. Cortana juga dapat mengambil informasi lain dari luar inputan pengguna, seperti email. Melalui email, Cortana dapat mencatat informasi boarding pass, jadwal penerbangan, jadwal meeting dan banyak lagi.

Cortana juga mempunyai fitur Quiet Hours dan Inner Circle pada Notebook. Quiet Hours berfungsi untuk mencatat waktu-waktu tertentu penggunanya tidak ingin menerima notifikasi apapun. Namun jika ingin tetap mendapatkan notifikasi dari semisal keluarga terdekat, Cortana akan mencatat kontak keluarga pada Inner Circle, agar notifikasi tetap masuk.

Namun ini semua bergantung dari penggunanya. Sebelum mengambil data, Cortana akan mengajukan izin untuk mengambil data-data tersebut. Jika pengguna tidak mengizinkan, Cortana tidak akan mencatat informasi tersebut pada Notebooknya. Ingin tahu apa dan bagaimana Cortana bekerja? Cek dua video singkat berikut:


Nantikan kehadiran Cortana di Nokia Lumia Windows Phone 8 kamu melalui Lumia Cyan (Windows Phone 8.1) update, beberapa bulan mendatang.