Langsung ke konten utama

Tips & Trick: Cara Update Aplikasi di Nokia Lumia Windows Phone 8.1


Aplikasi Windows Phone Store pada Nokia Lumia dengan Windows Phone 8.1 telah mendapatkan banyak improvements pada fitur dan tampilan. Aplikasi kini ditampilkan lebih banyak pada menu utama, detil aplikasi yang lebih mudah untuk melihat rating dan komentar, dan lainnya.

Nah, Windows Phone Store baru ini juga memiliki beberapa cara update aplikasi yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Apa saja dan bagaimana caranya?

Jika kamu masuk ke Windows Phone Store, tap tiga titik kemudian pilih Settings, scroll ke bagian bawah dan kamu akan menemukan opsi untuk App updates. Beberapa opsi diantaranya:
  • Update apps automatically. Berbeda dengan Windows Phone 8, di Windows Phone 8.1, aplikasi yang mendapatkan update tidak hanya muncul notifikasi, melainkan juga bisa langsung di-download secara otomatis. Pengguna tidak perlu cek notifikasi dari tiles dan membuka Store untuk update.
  • Only get updates over Wi-Fi. Nyalakan opsi ini jika ingin menghemat kuota data internet di Lumia kamu. Aplikasi akan diupdate secara otomatis jika tersambung ke koneksi Wi-Fi saja.
  • Check for updates. Tekan tombol "check for updates" untuk cek secara langsung apakah ada aplikasi versi baru untuk semua aplikasi di Lumia. Kalau opsi "Updates apps automatically" di atas dinyalakan, aplikasi akan terdownload dan terinstall otomatis. Jika tidak, hanya akan muncul notifikasi angka di live tiles.
L to R: opsi App updates pada Settings di Store, pemberitahuan "check for updates"

Bila aplikasi update secara otomatis, jumlah aplikasi yang telah ter-update akan muncul lewat notifikasi di Action Center. Tap / sentuh notifikasi, maka akan ke bagian "history" di Store, yang akan menunjukkan aplikasi apa saja yang telah di-update dan kapan aplikasi di-download.

L to R: notifikasi di Action Center, history aplikasi yang telah ter-update

Bagi kamu yang sering berada dalam jangkauan koneksi Wi-Fi, ini sangat memudahkan agar Lumia kamu selalu memiliki aplikasi versi paling up-to-date, tanpa harus cek notifikasi di live tiles seperti di Windows Phone 8.