Langsung ke konten utama

Mengenal Lebih Dekat Dengan Nokia X - Part 1


Nokia X yang diluncurkan Nokia pada acara Mobile World Congress Februari 2014 lalu rencananya akan segera masuk ke pasar Indonesia di akhir Maret hingga awal April 2014 ini.

Untuk mengenal lebih dekat dan mempelajari seluk-beluk dari isi Nokia X, mari kita jelajahi & pelajari isi dari Nokia X dari puluhan "screen shots" di artikel ini yang dibagi menjadi 2 bagian/parts.

Nokia X memakai AOSP (Android Open Source Project) versi 4.1.2 atau Jelly bean sebagai operating systemnya yang hampir mempunyai semua kemampuan, fitur dan menu dari Android versi 4.1.2 kebanyakan namun tanpa layanan dari Google.

Kita mulai dengan "notification centre" yang dapat diakses dengan meyentuh dan menarik layar dari atas ke bawah. Di "notification centre" terdapat 4 akses cepat ke Wifi, bluetooth, koneksi internet dan mode silent. Dari notification centre kita juga dapat melihat notifikasi yang masuk, jam dan tombol cepat ke menu setting. Untuk "Dialler" dan "Phone Contact" mirip dengan Android lainnya.


Pada menu "Call setting", kita dapat mengatur "keypad tones", mengaktif/non-aktifkan "proximity sensor" dan "speed dial". Masuk ke menu "Setting", terdapat beberapa menu yang dapat kita atur seperti "Dual-sim", "tones", "display", "storage" dan sebagainya.


Di dalam menu "dual-sim" kita bisa mengatur kartu SIM mana yang mau digunakan untuk telp/SMS/MMS. Kita juga bisa mengatur menjadi "always ask" untuk pengaturan sim untuk telp/SMS/MMS. Pada menu "dual-sim" ini kita juga dapat memilih kartu SIM mana yang mau dimatikan & dinyalakan. Kemudian pada menu "Mobile data" kita dapat mengatur kartu SIM mana yang akan digunakan untuk koneksi Internet. Jika mau menggunakan koneksi 3G, kita harus memakai kartu SIM di slot 1.


Menu "Sound & vibra" digunakan untuk mengatur semua "ringtones" & "vibration". Kita dapat mengatur ringtone untuk SIM 1 dan 2 dan juga ringtone untuk notifikasi.

Menu "display" terdapat pengaturan "brightness", wallpaper untuk di lock screen, sleep mode, auto rotate screen, double tap to wake up dan glance screen khas Nokia.

Menu "Storage" dan "Battery" dapat dipakai untuk melihat pemakaian storage dan batre seperti sisa storage & batre, pemakaian storage & batre dan sebagainya.


Lanjut ke menu "Manage Apps", di menu ini kita dapat melihat aplikasi apa saja yang suda di install baik di memory internal dan external. Pada menu ini kita juga dapat meng-uninstall aplikasi-aplikasi tersebut dan juga melihat pemakaian memory dari masing-masing aplikasi.

Menu "notification" berisikan pengaturan tentang notifikasi yang mau ditampilkan di lock screen. Seperti apakah kita mau menampilkan "banner" notifikasi dan juga apakah mau menampilkan preview dari notifikasi tersebut atau tidak.

Kita juga dapat mengatur apa saja yang mau ditampilkan di "Fastlane". Semua ini bisa kita atur sendiri di menu pengaturan "Fastlane". Di menu ini kita dapat mengatur apakah mau menampilkan notifikasi di "Fastlane" atau tidak, kemudian notifikasi apa saja yang mau ditampilkan hingga apakah mau menampilkan aplikasi apa saja yang baru dipakai dan akses cepat ke media sosial.


Nantikan "Mengenal Lebih Dekat Dengan Nokia X - Part 2" yang akan membahas tentang fitur keamanan, akun di Nokia X, pengaturaran "accessibility", system update, music player, kalkulator, Antutu benchmark dan lainnya ya. :).

Bersambung ke "Mengenal Lebih Dekat Dengan Nokia X - Part 2".


Terima kasih jakartadogdown - moderator Kaskus atas screen shot nya.