Langsung ke konten utama

Cortana, Asisten Suara Pada Nokia Lumia Windows Phone 8.1 (Video)


Sekali lagi, rekan-rekan dari UnleashThePhones membocorkan salah satu fitur yang paling ditunggu-tunggu oleh pengguna Windows Phone. Fitur yang disebut-sebut akan menjadi pesaing kuat Siri pada iOS dan Google Now pada Android, yaitu Cortana.


Cortana adalah nama dari fitur asisten suara pada Windows Phone 8.1. Rumornya, Cortana akan menggantikan fungsi Bing Search pada Windows Phone, yang dapat diakses hanya dengan menekan tombol search. Berbeda dengan perkiraan awal, Cortana berwujud sebuah lingkaran yang akan bergerak saat berinteraksi.

Berikut adalah video preview Cortana pada Windows Phone 8.1 dari UnleashThePhones:


Dari video di atas, Cortana dapat dijalankan melalui dua cara, yaitu dari tombol Search atau dari menu. Pada awal penyetelan, Cortana akan meminta pengguna untuk sign in akun Microsoft, meminta ijin untuk mengambil beberapa data pengguna, juga pengguna dapat memilih nama panggilan tertentu. 

Selain itu, Cortana akan memberikan beberapa pertanyaan dengan pilihan jawaban. Beberapa pertanyaannya adalah:
  • What are a couple of the most enjoyable parts of your everyday evenings?
  • When you think about food, what’s most important to you these days?
  • What are two of your main motivations for going out to an event/activity?
  • When you want to catch up on what’s going on in the world, which section do you go to first?

Seperti yang kita ketahui, aplikasi asisten suara seperti Cortana akan memberikan beberapa rekomendasi dan pengingat berdasarkan data yang ada pada telepon tersebut. Dikutip dari TheVerge, Cortana akan menyimpan data dan informasi kedalam sistem Notebook. Dari Notebook tersebut, Cortana akan menyimpan data lokasi, informasi personal, kontak, kebiasaan pengguna, pengingat, dan data seperti nomor penerbangan dan lain-lain yang ada pada kotak masuk e-mail.

Selain itu, juga ada fitur baru pada Windows Phone 8.1, yaitu "Quiet Hours". Fitur ini mirip seperti Do Not Disturb pada iOS, memungkinkan pengguna mematikan beberapa fungsi notifikasi pada waktu tertentu.

Sayangnya pada video ini, tidak terdengar suara dari Cortana. Penasaran? Mari kita nantikan peluncuran Windows Phone 8.1 pada event Microsoft BUILD, pertengahan tahun ini.



Pos populer dari blog ini

Belanja Aplikasi di Nokia Ovi Store

Nokia Ovi Store adalah layanan toko/kios aplikasi dari Nokia. Nokia Ovi Store menyediakan berbagai macam konten (aplikasi,games,themes,wallpaper hingga ringtones) untuk di unduh secara gratis ataupun berbayar. 
Ada 2 cara/sistem untuk membeli aplikasi di Nokia Ovi Store yaitu dengan sistem memotong pulsa dan Credit Card.
Bagi pengguna Nokia di Indonesia, Pembelian aplikasi di Nokia Ovi Store sangat mudah dengan adanya sistem pemotongan pulsa. Setelah bekerja sama dengan Telkomsel, Nokia Indonesia beberapa minggu lalu melakukan kerja sama dengan Indosat dan XL Axiata untuk sistem pemotongan pulsa. Dengan adanya kerja sama dengan Telkomsel, Indosat dan XL Axiata, berarti seluruh pelanggan dari 3 Provider tersebut dapat melakukan pembelian konten di Nokia Ovi Store dengan sistem pemotongan pulsa.

Ubah Home Screen Nokia X Kamu dengan Aplikasi "Madina Launcher" dari @MadinaTech !!

Jika kamu pengguna Nokia X dan ingin mengubah tampilan home screen dan tampilan menu utama Nokia X kamu menjadi seperti Android di smartphone Samsung, kamu bisa dengan mudah melakukannya dengan aplikasi "Madina Launcher".

Tips & Trick: Flash (Install Ulang Software) Nokia X Dengan Nokia Care Suite

Ingin me-refresh Nokia X kembali seperti semula? Malas untuk unroot dan menghapus file sistem yang sudah di-edit sebelumnya? Atau sudah root, lalu update software dan lupa un-root hingga tidak bisa install dan format ulang? Kamu dapat menggunakan Nokia Care Suite, software untuk flashing Nokia X.