Subcribe to our RSS feeds Join Us on Facebook Follow us on Twitter

9 Feb 2014

Tips: Notifikasi Update Windows Phone Store


Windows Phone Store pada Nokia Lumia Windows Phone sebenarnya dapat memberikan notifikasi saat ada aplikasi di store yang mendapatkan update setiap harinya.

Namun, akhir-akhir ini banyak dari follower @nokianesia di twitter menanyakan bahwa mereka tidak mendapatkan notifikasi update pada tile Windows Phone Store nya. Kenapa bisa terjadi, mari kita bahas ya.

Jika ingin mendapatkan notifikasi update dari Windows Phone Store maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya:
  1. Pastikan Tile Windows Phone Store ada di homescreen. Jika belum, cari ikon Windows Phone store atau "Store" di list aplikasi, sentuh yang lama dan pilih "Pin to Start".
  2. Pastikan koneksi Internet kamu lancar dan tidak terputus-putus.
  3. Pastikan tidak dalam mode "Battery saver".
  4. Pastikan Jam di Nokia Lumia kamu sudah di atur dengan benar.
Kapan biasanya notifikasi update akan muncul? Berdasarkan pengalaman kami dan user lainnya, dapat dijawab pertanyaan tersebut dengan informasi di bawah ini:
  1. Notifikasi update akan muncul jika ada aplikasi yang mendapatkan update.
  2. Setiap Nokia Lumia akan mendapatkan notifikasi update setiap harinya, namun pada jam-jam yang berbeda pada setiap Nokia Lumia.
  3. Contoh: Nokia Lumia si A mendapatkan update jam 7 pagi, maka lifecycle notifikasi update setiap hari seharusnya kurang lebih pada jam 7 Pagi setiap per 24 jam. Sedangkan Nokia Lumia si B baru mendapatkan notifikasi update pada jam 8 Pagi setiap harinya. Hal ini adalah wajar.
  4. Perbedaan jam dalam mendapatkan notifikasi update adalah hal wajar, ini bisa disebabkan karena user mengganti region, mematikan Nokia Lumianya pada rentang waktu yang lama dan sebagainya.
Nah, jika dalam kurun waktu lebih dari 24 jam tidak mendapatka notifikasi update, apa yang harus diperhatikan dan dilakukan? again, ini berdasarkan pengalaman kami dan user lainnya ya:
  1. Mungkin saja memang belum ada update untuk aplikasi yang sudah diinstall di Nokia Lumia nya
  2. Jika sudah lebih dari 2-3 hari tidak mendapatkan notifikasi update, yang harus dilakukan pertama adalah:
    1. Pastikan semua syarat mendapatkan notifikasi di atas sudah terpenuhi.
    2. Jika sudah, bisa dilakukan soft reset pada Nokia Lumia nya
    3. Cara Soft reset: tekan tombol "Lock" dan "Volume down" secara bersamaan hingga adanya getaran.
    4. Perlu diketahui, soft reset tidak menghilangkan data apapun ya.
    5. Setelah itu Nokia Lumia akan restarting.
    6. Setelah restart, atur kembali jam dan tanggal.
    7. Tunggu beberapa saat hingga 24 jam ke depan untuk mendapatkan notifikasi update.
So, jika kamu merasa tidak mendapatkan notifikasi update, ada baiknya diperhatikan semua informasi di atas dan lakukan langkah-langkahnya. Jika ada hal lainnya yang masih mau ditanyakan dan sebagainya bisa tinggalkan pesan di kolom komentar di bawah ya.

Semoga tips ini membantu.

Cheerrss !