Header AD

Hands-on Coloud Knock Headphones by Nokia (WH-520)


Knock, knock. Kali ini kami kembali me-review salah satu dari tiga headphone hasil kerjasama Nokia dan Zound Industries, yaitu Coloud Knock WH-520.

Berbeda dengan Coloud Boom yang sebelumnya sudah kami review, Knock memiliki desain yang lebih simple, dengan harga yang lebih terjangkau. Berikut review dari kami.

Spesifikasi

Coloud Knock by Nokia
Coloud Knock merupakan headphone stereo dengan ukuran lebar 140mm, tinggi 165mm, dan berat hanya 78 gram. Headphone ini menggunakan konektor audio 3.5mm, jadi kompatibel dengan Nokia Lumia, iPhone, Android dan Nokia Asha dengan jenis konektor yang sama. Dilengkapi mikrofon dan tombol multifungsi untuk play, pause, kontrol telepon dan forward + rewind. Oh ya, headphone ini dapat diatur ketinggiannya, sehingga pas untuk macam-macam ukuran kepala. Headphone ini juga dilengkapi dengan "Zound Lasso". Fitur ini khusus untuk Coloud Headphones, dimana kamu bisa menggulung kemudian mengunci kabel tersebut, sehingga tidak terurai. Ilustrasi ada pada foto di bawah.

Keterangan Produk
Paket Penjualan: Boks, headphone, petunjuk pemakaian, sticker
Zound Lasso
Desain 

Dari segi ini, Coloud Knock tampil minimalis, dibandingkan dengan Coloud Boom, ukurannya lebih kecil dan tanpa ada aksen kulit. Dengan permukaan plastik matt, headphone ini sangat ringan, sehingga lebih mudah untuk dibawa-bawa. Bagian speaker dibungkus oleh spons yang cukup tebal dan halus, cukup nyaman untuk menempel pada telinga dengan pemakaian kurang lebih satu jam. Karena permukaan speakernya datar, suara dari luar masih dapat terdengar. 

Catatan, penulis pernah menguji coba headphone ini untuk dipakai berolahraga selama setengah jam. Karena telinga mudah berkeringat, air melewati permukaan spons yang tidak menyerap air, sehingga beresiko mengenai speaker. Salah satu speaker sempat tidak mengeluarkan suara, namun nyala kembali setelah dikeringkan. Kalau kamu berencana membeli headphone ini sebagai partner berolahraga, hal ini perlu untuk dipertimbangkan.


Kualitas Suara 

Kualitas suara dari headphone ini cukup bagus. Vokal dan treblenya jelas, hanya bassnya sedikit kurang nendang. Kalau kamu penggemar headphone nge-bass, kamu bisa pilih Coloud Boom atau Coloud Pop. Tapi kalau kamu suka mendengarkan musik jazz, atau lagu-lagu dari album soundtrack The Secret Life of Walter Mitty dan About Time, headphone ini adalah pilihan yang tepat. Keluaran suara headphone ini juga sedikit lebih kecil dari headphone lain. Kalau di headphone lain penulis hanya membutuhkan volume tingkat 23 dari Lumia agar suara nyaman, pada headphone ini penulis harus menaikkan volume hingga maksimal (30). Tentunya tiap pendengaran orang berbeda-beda, jadi baiknya kamu coba dulu kualitas suara dari headphone ini di Nokia Store / Retail Store terdekat sebelum memutuskan untuk membeli.


Coloud Knock dapat dibeli di Nokia Store dan Retail Store lain dengan harga IDR 279.000 (harga dapat berbeda pada tiap Store), cukup terjangkau dengan kualitas suara yang bagus, desain yang minimalis dan kecil, fitur remote yang lengkap, Zound Lasso, dengan pilihan warna lengkap yang bisa disesuaikan dengan warna Nokia Asha / Lumia kamu. Headphone ini cocok untuk kamu yang ingin mendengarkan musik dengan nyaman sehari-hari, untuk menemani kamu bekerja, atau berolahraga ringan.



Hands-on Coloud Knock Headphones by Nokia (WH-520) Hands-on Coloud Knock Headphones by Nokia (WH-520) Reviewed by Prasetyo Herfianto on Januari 19, 2014 Rating: 5

Post AD